Jubah kekaisaran China memiliki warna beraneka ragam dan sangat menarik untuk dilihat. Begitu pula dengan warna-warna yang terlukis pada binatang unik berjubah kaisar China ini. Kemolekan ikan unik ini semakin terpancar oleh warna-warna neon yang ada di badan mereka.

Binatang unik yang dikenal dengan nama Mandarinfish ini pertama kali ditemukan oleh Albert William Herre pada tahun 1927 dengan nama species Synchiropus splendidus.

Warna standar pada semua Mandarinfish adalah latar belakang biru dengan garis oranye yang bergelombang. Warna biru yang dimiliki ikan ini berasal dari pigmen selular yang mereka miliki. Belum usai kita memandangi keindahan warna dan coraknya, kita dibuat geli dengan matanya yang melirik-lirik.

 

Bentuk Kepala

Keunikan lain selain warna dan corak di tubuh ikan ini adalah pada bentuk kepala mereka. Mandarinfish memiliki kepala yang besar namun tertekan ke bawah. Ikan ini juga memiliki mulut yang mungil dan mengarah ke bawah. Bentuk mulut seperti ini menandakan kalau ikan ini adalah ikan pemakan organisme dasar berukuran kecil. Mereka memakan capepoda, artemia, cacing merah, larva udang, larva ikan, jentik nyamuk, dan larva kekerangan.

 

Lendir Unik

Tergolong dalam jenis ikan kecil, Mandarinfish hanya bisa mencapai panjang 6,5 cm. Ikan mungil ini tidak memiliki sisik namun dilapisi lendir untuk memproteksi dirinya dari predator dan parasit. Ikan ini termasuk ikan laut yang tahan banting dari serangan penyakit karena fungsi lendir yang melekat di tubuh mereka. Predator tidak mau mendekat dengan ikan imut dan lucu ini karena lendir yang melekat itu berbau sangat aneh.

Teman-teman bisa menemui ikan ini di patahan karang rusak, di bawah karang-karang mati, dan tumpukan bebatuan dari laguna yang terlindung di wilayah Malaysia, Indonesia, Filipina, dan Australia. Ikan imut ini termasuk dalam jenis ikan dangkal karena habitat hidup mereka di kedalaman 1-20 meter.

 

Teks: JFK   Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *