Kids, coba kalian periksa televisi di rumah. Masihkah memiliki tabung di bagian belakang alias gendut? Pasti sebagian besar menjawab; tidak! Televisi yang beredar dan digunakan masyarakat sekarang, kebanyakan sudah tak lagi menggunakan tabung. Sebagian besar televisi rata-rata berukuran tipis. Karena tren saat ini televisi sudah berbentuk LCD, LED, atau plasma.

Lalu apa sih perbedaannya?
LCD (Liquid Crystal Display) menggunakan lampu kristal untuk menampilkan gambar. Kristal-kristal cair pada layar akan menyala saat dialiri arus listrik. Sistem kerja LCD sebenarnya hampir sama dengan LED (Liquid Emitting Diode). Hanya saja, LED menggunakan dioda untuk memancarkan cahaya. Sedangkan LCD menggunakan lampu CCFL (Cold Cathode Fluorescent Lamps). LED tentu saja lebih canggih daripada LCD. Kualitas gambar LED lebih baik daripada LCD. Penggunaan listrik pun lebih hemat. Televisi LED 32 inchi hanya menggunakan listrik sekitar 70 watt, sedangkan LCD sekitar 100 watt.

Televisi Plasma
Televisi Plasma berbeda dengan LCD dan LED. Televisi Plasma menggunakan lembaran sel plasma untuk menampilkan gambar. Kualitas gambarnya pun jauh lebih baik daripada LCD dan LED. Soal harga, tentu lebih mahal. Kamu pakai televisi jenis apa di rumah?  (JFK/DRW)

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *