Upgrade Iman, umma hadirkan fitur uVoice dan Gelar Kompetisi Syiar Digital 2021

“Eh, eh, Bu Ibu, tahu nggak sihhhh… si A kan lagi ada masalah tuh sama mertuanya, kasihan juga sih ya, kayaknya bakal perang besar lagi deh…”

Uppss, terkadang ada saja godaan di bulan suci Ramadan ya, Moms. Bergosip, salah satunya. Daripada telinga kita mendengar hal-hal negatif, serta mulut mengucapkan kalimat yang sia-sia, lebih baik kita perbanyak ibadah di bulan suci Ramadan ini. Moms dan Dads pasti setuju, bukan?

Apalagi nih, aplikasi muslim umma baru saja meluncurkan fitur terbaru mereka, yakni fitur podcast bernama uVoice. Di sini, para umat muslim Indonesia bisa mendengarkan materi-materi dakwah yang positif dan tentunya bermanfaat untuk memperkuat iman.

Podcast dari Beragam Pendakwah

“Momen Ramadan adalah momen upgrade diri dan iman.  Sebagai salah satu cara mendukung hal tersebut, umma menghadirkan layanan uVoice yang berisikan podcast dari beragam pendakwah, komunitas, masjid dan content creator lainnya dengan topik yang variatif dan informatif.   Konten-konten podcast di uVoice dikemas secara menarik dan asyik untuk disimak di manapun dan kapanpun.  Selain sebagai solusi dalam mendukung umat Islam menjadi muslim yang lebih baik melalui konten-konten podcast, uVoice juga bertujuan untuk menjawab kebutuhan pendakwah dan content creator muslim lainnya dalam memperluas jangkauan syiarnya.  Hal ini sejalan dengan posisi umma sebagai wadah bagi komunitas muslim Indonesia dalam memajukan syiar dan ekosistem keislaman di tanah air,” ujar Indra Wiralaksmana, CEO & Co-Founder umma.

Indra melanjutkan, selain menyediakan eksposur dan fitur untuk membangun komunitas dan meningkatkan follower, umma juga mendorong pemberdayaan finansial para podcaster di uVoice melalui fitur infaq di dalam channel uVoice masing-masing podcaster yang sudah tergabung. Per Maret 2021, aplikasi umma telah diunduh oleh lebih dari 10,8 juta pengguna. Dengan demikian, setiap content creator yang tergabung memiliki peluang membangun komunitas yang sangat besar melalui aplikasi umma.

Lebih dari 300 Konten

Hingga awal April 2021, uVoice menyajikan lebih dari 300 konten yang terbagi ke dalam empat kategori utama, yaitu Kajian Keislaman, murottal Al-Qur’an, Masjid dan topik-topik non-kajian seperti gaya hidup muslim.  uVoice telah didukung oleh lebih dari 100 podcaster seperti Ustaz Hanan Attaki, Ustaz Fikri Haikal MZ, Ustaz Taufik Al Miftah, Rigen Rakelna, Amritsa Raje, Zein Permana, Imas Karyamah serta beragam komunitas, masjid serta content creator lainnya.

Melalui uVoice, umma juga mendukung pemberdayaan masjid melalui digitalisasi konten dakwah ke dalam podcast.  “Dakwah seperti kajian atau khotbah Jum’at yang biasanya dilakukan di lingkup masjid dan mimbar kajian, dan hanya bisa melibatkan umat yang hadir di tempat, kini bisa diakses melalui media podcast di uVoice oleh jutaan umat dari penjuru negeri yang hadir di aplikasi umma setiap harinya.  Kini lebih dari 50 masjid besar di Jabodetabek, Bandung dan sekitarnya telah bergabung, dan nantinya masjid-masjid lainnya di seluruh Indonesia,” imbuh Indra.

Salah satu pendakwah, Ustaz Fikri Haikal MZ yang juga menjadicontent creator umma sangat mendukung inisiatif umma yang memudahkan pendakwah maupun content creator muslim untuk menjangkau umat dengan format digital yang lebih relevan di tengah masyarakat.  “Selain itu, harapannya umma dapat terus melestarikan konten-konten dakwah yang pernah disampaikan sebelumnya oleh pendakwah terdahulu seperti almarhum ayah saya, yaitu KH. Zainuddin MZ ke dalam teknologi digital, sehingga tetap terus dikonsumsi oleh umat seiring kemajuan teknologi,” katanya.

Fitur uGive dan uForum

Selain uVoice, diterangkan Indra, terdapat fitur baru lain di halaman utama aplikasi, yakni uGive dan uForum. Fitur uGive merupakan fitur sedekah untuk memfalisitasi sedekah harian yang kemudian disalurkan melalui lembaga-lembaga mitra terpercaya. “Sementara fitur uForum adalah fitur diskusi antara sesama pengguna mengenai keseharian gaya hidup muslim,” terang Indra.

Kompetisi Syiar Digital Indonesia

Selain itu, demi memajukan ekosistem syiar di tanah air, umma menggelar kompetisi Syiar Digital Indonesia 2021 yang berjalan sejak Februari hingga Mei 2021.  Dengan tema “Cakap Digital, Cermat Bersyiar”, umma melakukan penjaringan bakat-bakat syiar Islami melalui konten digital yang dibuka untuk masyarakat umum.  Kompetisi ini telah diikuti lebih dari 600 peserta dari berbagai kota di Indonesia, bahkan dari luar Indonesia.

Memasuki babak akhir di Ramadan ini, finalis kompetisi Syiar Digital Indonesia 2021 berkesempatan mengembangkan podcast masing-masing menjadi konten uVoice yang merupakan salah satu kriteria penilaian kompetisi.  Sehingga harapannya kompetisi ini memberikan kesempatan bagi para peserta untuk mendapatkan eksposur dan jangkauan pendengar yang lebih luas lagi. Dan tentu saja, menjadi ajang yang bagus bagi kaum muda untuk menyampaikan dakwah Islami yang menyejukkan hati.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *