Setiap tahunnya, tanggal 21 April diperingati sebagai hari kelahiran R.A. Kartini, seorang pahlawan nasional yang telah berjuang mengangkat harkat dan martabat perempuan Indonesia. Jasanya sangat besar sebagai pelopor emansipasi wanita. Namun, sering kali timbul pertanyaan, apa hal yang dapat kita lakukan untuk memaknai perjuangan beliau, terlebih sebagai generasi muda? Mari kita simak beberapa contoh hal yang bisa dilakukan generasi muda untuk memaknai dan melanjutkan perjuangan R.A Kartini:.

Menggunakan Media Sosial untuk Menyebarkan Pesan Positif

Media sosial yang kini telah digunakan lintas generasi dapat menjadi media yang efektif untuk membagikan berbagai informasi serta berinteraksi dengan banyak orang. Lebih dari itu, media sosial juga dapat kita manfaatkan untuk menyampaikan pesan-pesan terkait emansipasi wanita dan kesetaraan gender, seperti yang diperjuangkan oleh R.A Kartini. Beberapa hal yang dapat dilakukan misalnya, membagikan konten edukasi seputar perjuangan Kartini, mendukung kegiatan perayaan Hari Kartini di media sosial, dan sebagainya.

Semangat dalam Menempuh Pendidikan

Sejalan dengan pesan yang selalu disuarakan Kartini melalui buku-bukunya, semua perempuan perlu mendapatkan kesempatan untuk “melihat dunia”. Kartini juga optimis bahwa perjuangannya selama ini akan memiliki dampak besar di masa depan. Meskipun tidak bersekolah tinggi, Kartini tetap gigih untuk mewujudkan mimpinya menjadi orang yang cerdas dan sukses. Ia memiliki semangat untuk memajukan kaum wanita agar tidak dipandang rendah ke depannya. Hal ini membuat semakin pentingnya bagi para perempuan untuk terus semangat dalam mengenyam pendidikan setinggi mungkin. Ditambah lagi dengan dunia yang telah beralih ke arah digital membuat semakin terbukanya akses untuk mendapatkan ilmu dan wawasan.

Memahami Isu dan Sejarah Kesetaraan Gender

Hidup dalam lingkungan dengan sistem feodalisme yang kuat membuat R.A Kartini tumbuh menjadi sosok perempuan yang kritis. Dirinya selalu berusaha untuk terus memperjuangkan kesetaraan antara perempuan dan laki-laki. Hal ini sesuai dengan apa yang ia tuangkan dalam suratnya pada Estelle H. Zeehandelaar pada 25 Mei 1899 yang mengatakan bahwa dirinya merasa sangat terkekang dengan sistem patriarki yang ada di zaman itu dan ia ingin membuat kedudukan perempuan juga dapat setara dengan laki-laki pada zamannya. Perjuangan inilah yang perlu dilanjutkan oleh generasi muda masa kini. Walaupun dunia modern sudah mengalami banyak perubahan dibanding masa penjajahan, namun edukasi perihal kesetaraan gender masih diperlukan. Kabar baiknya, berkat kemajuan teknologi kini kita dapat menemukan informasi-informasi tersebut dengan mudah melalui forum internet, media sosial, komunitas online, dan masih banyak lagi.

Itu dia hal-hal yang dapat dilakukan oleh generasi muda untuk mengimplementasikan makna perjuangan R.A. Kartini dalam rangka mengangkat derajat perempuan. Dari poin-poin tersebut, dapat kita simpulkan bahwa memanfaatkan platform digital bisa menjadi salah satu jalan untuk meningkatkan kesadaran tentang kesetaraan gender di era modern. Agar semakin cakap dalam memanfaatkan teknologi digital, generasi muda juga bisa mengasah skill Literasi Digital bersama Ruangguru.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *