Nasi merupakan makanan pokok di beberapa negara Asia, termasuk Indonesia. Tapi, tahu nggak kalau ada beberapa daerah di Indonesia yang tidak menjadikan nasi sebagai makanan pokoknya?

Nah, ada beberapa bahan makanan yang bisa digunakan sebagai pengganti nasi. Dan memiliki karbohidrat yang hampir sama dengan nasi. Apa saja, ya?

  1. Jagung

Jagung merupakan makanan pokok di beberapa daerah di Madura dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Rasanya manis dan memiliki asam folat yang tinggi. Pada daerah tertentu, jagung biasanya dibuat menjadi nasi jagung.

  1. Singkong

Singkong juga menjadi makanan pokok di beberapa daerah di Indonesia, seperti di Gunung Kidul (Yogyakarta). Biasa diolah menjadi tiwul, digoreng, direbus, dikukus, bahkan bisa dikreasikan menjadi kue.

  1. Ubi

Sama seperti singkong, ubi juga biasa menjadi makanan pokok di beberapa daerah di Indonesia. Ubi jingga mengandung beta karoten yang akan menjadi vitamin A dan dapat mencegah kanker. Ubi ungu memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk kesehatan. Biasanya diolah dengan cara dikukus, direbus, atau dibuat kue.

  1. Kentang

Kentang mengandung karbohidrat dengan kalori yang lebih rendah. Banyak cara mengonsumsi kentang, seperti direbus dan dilumatkan menjadi bubur, digoreng, dan sebagainya.

  1. Sagu

Sagu biasanya menjadi makanan pokok untuk masyarakat di Indonesia bagian Timur, seperti Maluku dan Papua. Mereka mengolah sagu menjadi seperti bubur yang disebut papeda dan menyantapnya dengan lauk. Sagu bagus untuk dikonsumsi karena mengandung karbohidrat, protein, dan serat yang baik untuk kesehatan.

  1. Talas

Talas mungkin kurang terkenal di antara keluarga umbi-umbian. Tapi, zat karbohidrat yang terkandung di dalamnya merupakan pati (karbohidrat kompleks yang tak larut dalam air) yang memiliki nilai 80% sehingga mudah dicerna tubuh. Jadi, cocok sekali jika ingin dijadikan pengganti nasi.

  1. Sukun

Sukun adalah buah yang tidak berbiji dan mirip umbi, tapi bukan dari jenis umbi-umbian. Buah sukun memiliki tekstur yang empuk dan mirip roti setelah dimasak atau digoreng. Bahkan orang-orang di Eropa menamakan buah ini dengan “Breadfruit” atau dalam bahasa Indonesia artinya “buah roti”.

  1. Sorgum

Mungkin banyak yang belum begitu mengenal tanaman ini. Sorgum adalah salah satu makanan pokok dari jenis rumput-rumputan seperti padi, jagung, dan gandum. Tanaman ini mengandung banyak karbohidrat sehingga dapat dijadikan sumber pangan, pakan ternak, dan bahan baku industri. Sorgum berada pada urutan ke-5 sebagai bahan makanan pokok setelah padi, gandum, jagung, dan kedelai.

 

Nah, setelah mengetahui beberapa makanan pengganti nasi, kalian tertarik mencobanya, Kids? Bahan-bahan makanan tersebut juga sebenarnya lebih sehat daripada nasi karena mengandung protein dan nutrisi lainnya yang diperlukan tubuh. Coba, yuk!

 

 

 

Teks: JFK     Foto: Istimewa

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *