Tanya: Halo namaku Bisma, usiaku 11 tahun. Karena tidak hati-hati, ayam gorengku jatuh di lantai. Apakah makanan yang sudah jatuh, boleh dimakan lagi? Apakah harus dicuci dahulu, dan bagaimana kalau yang jatuh itu buah, permen, dan lain-lain? Terima kasih. Bisma, Kelas 5 SD – Bekasi

Jawaban dokter Robert:
Halo Bima, mengonsumsi makanan yang sudah jatuh ke lantai meski belum lima detik, sangat tidak dianjurkan. Kemungkinan besar, makanan tersebut sudah dipenuhi kuman dan bakteri berbahaya seperti; E. coli, salmonella, norovirus, clostridium perfringens, campylobacter, staphylococcus aureus (staph). Gejala yang ditimbulkan dapat berupa sakit perut, diare, mual dan muntah, demam, dan sakit kepala. Apabila Bima tetap mengambil makanan yang sudah jatuh ke lantai, maka hal ini menandakan bahwa Bima tidak benar-benar menghindari kuman dan bakteri.

Makanan yang jatuh dan tidak ada bungkusnya seperti permen tanpa bungkus, buah yang sudah dikupas, atau makanan yang tidak ada bungkusnya kalau sudah jatuh ke lantai, sebaiknya tidak dimakan meskipun sudah dicuci, ya. Kecuali apabila masih ada kulitnya atau pembungkusnya, maka kita dapat mencucinya terlebih dahulu sebelum dimakan.

Konsultan:

dr. Robert Soetandio, Sp.A, M.Si.Med
Dokter Spesialis Anak
RS Pondok Indah – Bintaro Jaya

(Ilustrator : Agung)

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *