Tanya: Halo, namaku Mirza, usia 9 tahun. Tiap hari jam makanku tidak teratur, kadang makan siang jam 12.00 kadang jam 14.00. Makan malam juga sama, nunggu lapar baru makan. Benarkah jam makan itu harus sama? Katanya kalau tidak teratur bisa sebabkan maag? Terima kasih. Mirza, Kelas 3 – Bekasi

Jawaban dokter Frieda:
Salah satu penyebab utama peningkatan asam lambung adalah pola makan yang tidak teratur. Bila terlambat makan, terjadi kekosongan lambung sehingga asam lambung dapat mengikis dinding lambung.
Bila makan secara teratur, maka asam lambung akan mencerna makanan itu. Akan tetapi bila tidak ada makanan, maka asam lambung yang seharusnya berfungsi untuk mencerna makanan, malah akan menggerogoti dinding lambung. Sebaiknya Mirza mengonsumsi makanan atau minuman setiap 4-6 jam sekali.
Normalnya memang kekosongan lambung terjadi enam jam setelah makan. Tetapi bila Mirza punya aktivitas yang banyak, maka kekosongan lambung bisa terjadi lebih cepat. Oleh karena itu, pola makan harus dijaga supaya tidak sampai terlambat mengonsumsi makanan atau minuman, agar terhindar dari radang lambung (gastritis) yang sering dikenal sebagai sakit maag.

Konsultan:

dr. Frieda Handayani, Sp. A (K)
Spesialis Anak Konsultan Gastroentero Hepatologi Anak
RS Pondok Indah – Bintaro Jaya

(Ilustrasi : Agung)

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *