Tanya : Halo namaku Rachuel, usiaku 11 tahun. Untuk menghilangkan rasa bosan, setiap diajak Papa atau Mama berkendara naik mobil, aku suka main HP. Namun lama-kelamaan kepalaku jadi pusing dan terkadang malah mual. Mengapa demikian ya, Dok? Terima kasih. Rachuel, Kelas 5 – Bandung    

Jawaban dokter Yovita:
Halo Rachuel, sepertinya rasa pusing dan mual saat bermain HP sewaktu berkendara adalah gejala mabuk perjalanan/motion sickness. Hal ini terjadi karena otak mendapat campuran sinyal dari berbagai anggota tubuh dan mengalami kesulitan untuk memprosesnya. Misalnya saat perjalanan, mata melihat ke arah berbeda dengan yang dirasakan otot dan telinga dalam tempat pengatur keseimbangan yang merasakan guncangan kendaraan. Kesulitan otak memproses sinyal-sinyal ini menimbulkan keluhan mabuk perjalanan yang dialami oleh Rachuel.
Mabuk perjalanan dapat terjadi dalam waktu singkat, dan Rachuel dapat berkeringat dingin, juga merasa ingin muntah. Keluhan lain misalnya pusing, peningkatan produksi air liur, kehilangan selera makan, pucat, sakit kepala, lelah, sampai sesak napas. Untuk mengatasinya, sebaiknya:

  • Berusaha rileks, tarik napas dalam atau menghitung mundur dari 100. Tutup mata atau lihatlah objek yang stabil. Cobalah duduk di depan dan lihat lurus ke depan.
  • Mengonsumsi makanan ringan sebelum bepergian, supaya perut tidak kosong.
  • Hirup udara segar.
  • Hindari membaca atau bermain gawai selama di perjalanan.

Konsultan:

dr. Yovita Ananta, Sp.A, MHSM, IBCLC
Dokter Spesialis Anak Konselor Laktasi
RS Pondok Indah – Pondok Indah

(Ilustrator : Agung)

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *