Super Indo secara resmi meluncurkan produk terbarunya yaitu Minyak Goreng Sawit 365 yang memiliki Ekolabel. Peluncuran produk baru tersebut bertepatan dengan ulang tahun Super Indo yang ke-24. Produk Minyak

Goreng Sawit 365 Ekolabel merupakan salah satu bentuk komitmen bisnis Super Indo dalam hal Keamanan dan Keberlanjutan Produk dengan menerapkan prinsip ramah lingkungan dan ramah sosial. “Saya sangat senang melihat keberlanjutan tertanam dalam budaya, operasional, dan layanan kami. Kami tahu masih banyak yang harus dilakukan dan kami akan terus menantang diri kami sendiri. Hari ini saya informasikan bahwa sekarang Super Indo menawarkan minyak goreng sawit Merek 365 yang telah memiliki dua sertifikasi keberlanjutan baik secara nasional maupun global yaitu ISPO dan RSPO. Sertifikasi ini merupakan wujud komitmen kami untuk berkontribusi pada pengurangan dampak lingkungan dan kepatuhan terhadap persyaratan hukum. Ini adalah pilihan yang lebih hijau, baik untuk lingkungan dan bertanggung jawab secara sosial,” ungkap Bapak Johan Boeijenga, President Director Super Indo.
Survey MarkPlus Inc. pada tahun 2020 menyebutkan bahwa sebanyak 82 persen konsumen bersedia beralih kepada produk-produk yang menggunakan kelapa sawit berkelanjutan. Angka tersebut memberikan indikasi bahwa minat konsumen sudah terbentuk dengan baik, namun pada prakteknya masih ditemukan beberapa kendala seperti kurangnya informasi terkait produk yang berkelanjutan, perbedaan harga, dan sebagainya.
Ibu Rr. Dyah Palupi, S.Si, M.Si., selaku Direktur Standardisasi dan Pengendalian Mutu Kementerian Perdagangan RI mengungkapkan bahwa Super Indo turut mendukung misi Kementerian Perdagangan dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari terutama saat pemulihan ekonomi serta berharap produk Minyak Goreng Sawit 365 Ekolabel dapat memberikan pilihan bijak kepada masyarakat dalam menggunakan produk keberlanjutan sehingga dapat menjaga kelestarian lingkungan. “Sejalan dengan misi Kementerian Perdagangan dalam pemulihan ekonomi di masa pandemi, Super Indo telah memberdayakan produk-produk lokal dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, salah satunya yaitu melalui produk minyak goreng. Dalam kesempatan ini saya ucapkan selamat atas peluncuran produk
Minyak Goreng Sawit 365 Ekolabel dari Super Indo. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat membantu pemahaman akan produk sawit bekelanjutan serta mengedukasi dan mengajak masyarakat menggunakan produk-produk keberlanjutan sehingga dapat menjaga kelestarian lingkungan ,” ungkap Ibu Rr.  Dyah.
Ibu Yuvlinda Susanta, General Manager of Corporate Affairs & Sustainability Super Indo mengungkapkan “Sebagai salah satu perusahaan ritel yang terdepan dalam hal keberlanjutan, tentunya kami ingin terus berkontribusi dan memberikan solusi dalam membantu membangun rantai pasok yang mendukung industri yang berkelanjutan. Hadirnya Minyak Goreng Sawit 365 yang memiliki dua Ekolabel ISPO dan RSPO merupakan dukungan kami terhadap komitmen Pemerintah Indonesia dalam melaksanakan pembangunan berkelanjutan terutama rantai pasok kelapa sawit sebagaimana yang telah diatur secara khusus dalam
Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 dengan pendekatan yang memprioritaskan keseimbangan antara aspek lingkungan dan sosial.”
Peluncuran produk Minyak Goreng Sawit 365 Ekolabel tentunya disambut baik oleh para mitra yang telah mendukung dan mendampingi Super Indo dalam pengembangan produk ini. Ibu Tiur Rumondang, Director of Assurance & Acting Head of Indonesia Operation RSPO. “Kami sangat menyambut baik peluncuran Minyak Goreng Sawit 365 Ekolabel yang dilakukan Super Indo di pasar Indonesia. Kita telah melihat pertumbuhan yang impresif dalam produksi minyak sawit berkelanjutan dari perusahaan perkebunan dan petani sawit anggota RSPO di Indonesia, namun disayangkan permintaannya tidak sebanding dengan suplai. Kami ingin mendorong upaya di antara semua pelaku rantai pasok minyak sawit untuk ikut berpartisipasi mentransformasi pasar dan untuk meraih visi bersama RSPO yaitu menjadikan minyak sawit berkelanjutan sebagai norma,” ungkap Ibu Tiur.
Bapak Aditya Bayunanda, Head of Footprint & Market Transformation Program Yayasan WWF Indonesia. “Dengan peluncuran produk Minyak Goreng Sawit 365 Ekolabel dari kebun bersertifikat ISPO dan RSPO, Super Indo telah memastikan produk minyak goreng merek sendirinya telah berasal dari rantai pasok yang baik dengan memegang teguh prinsip untuk bertanggung jawab secara lingkungan dan sosial. Kami akan terus melakukan kampanye edukasi kepada konsumen sebagai dukungan bagi pemasaran minyak sawit berkelanjutan di pasar domestik, dan pada akhirnya akan mendukung para pelaku pasar,” ungkap Bapak Aditya.
Ibu Janna Soekasah Joesoef selaku Public Figure, Pecinta Lingkungan dan Founder Gerakan Gelang Harapan yang mewakili pelanggan beranggapan bahwa konsumen juga harus terlibat aktif bukan hanya membeli tetapi juga menyebarluaskan inisiatif yang baik ini. “Saya rasa konsumen juga memiliki peran untuk mendukung dengan membeli produk ekolabel dan menyebarluaskan inisiatif baik ini kepada lingkungan di mana kita berada.”
Hal senada juga diungkapkan dengan Ibu Yuvlinda bahwa pelanggan bisa menjadi role model di lingkungan tempat tinggalnya. “Kami ingin mengajak semua orang untuk memainkan peran penting dalam mengedukasi masyarakat, mengatur ulang narasi minyak sawit berkelanjutan serta memiliki pilihan untuk menggunakan produk Ekolabel yang dapat memberikan dampak baik bagi lingkungan dan sosial serta menjadi role model bagi lingkungan di mana mereka berada,” tutup Ibu Yuvlinda.
(Foto : Ist)

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *