Asian Games 2018 tinggal 150 hari lagi, Kids. Ajang perlombaan olahraga antara negara-negara di Asia itu bakal berlangsung tanggal 18 Agustus – 2 September 2018 di Jakarta dan Palembang.
Kalian, sudah kenalan belum dengan Bhin-Bin, Atung dan Kaka. Mereka adalah maskot Asian Games 2018. Lucuuuu deh. Yuk, kenalan sama mereka!

Maskot tersebut diambil dari tiga satwa langka Indonesia, yaitu Burung Cendrawasih, Rusa Bawean dan Badak Jawa bercula satu.

“Dilihat dari namanya yaitu Bhin-Bhin, Atung dan Kaka, maskot ini tidak hanya mencerminkan Bhinneka Tunggal Ika, yaitu keragaman namun tetap dalam kesatuan, melainkan juga mempertegas bahwa Asian Games 2018 peduli pada kekayaan hayati Indonesia,” ujar Bapak Erick Thohir, Presiden INASGOC (Indonesian Asian Games Organizing Committee) pada acara konferensi pers Earth Hour 2018 #Connect2Earth di stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, hari ini (Kamis, 15/03).

Hentikan Perdagangan Satwa Liar!

Salah satu sumber kekayaan hayati Indonesia adalah hewan-hewan langka yang dilindungi. Namun, keberadaan mereka terancam punah akibat ancaman perdagangan satwa liar.

Tahukah kalian, perdagangan satwa liar di seluruh dunia mencapai nilai miliaran dolar setiap tahunnya. “Ini menjadikannya bisnis ilegal nomor 4 terbesar di dunia setelah perdagangan narkoba,” pungkas Bapak Rizal Malik, CEO WWF (World Wide Fund for Nature) Indonesia, suatu organisasi konservasi nasional.

Nah, kehadiran maskot Asian Games 2018 juga sekaligus sebagai simbol bahwa Asian Games 2018 sangat mendukung upaya WWF Indonesia untuk menghentikan perdagangan satwa yang dilindungi.

Kalian, juga setuju kan, Kids? Hewan langka di Indonesia harus dilindungi dan dijaga dengan baik, seperti harimau, gajah, macan tutul, beruang, trenggiling. Juga, hewan-hewan yang menjadi maskot Asian Games 2018.

Arti Lambang Maskot Asian Games 2018

Mau tahu lebih dekat dengan 3 maskot Asian Games 2018 yang ditampilkan dengan karakter hewan lucu dan imut-imut tersebut? Ini mereka:

  • Bhin Bhin
Bhin-Bhin (asiangames2018.id)

Si lucu ini adalah seekor burung Cendrawasih (Paradisaea Apoda) yang melambangkan strategi yang ingin diusung oleh Asian games 2018. Bhin Bhin mengenakan rompi dengan motif Asmat dari Papua.

  • Atung
Atung (asiangames2018.id)

Dia adalah seekor rusa Bawean (Hyelaphus Kuhlii) yang mewakili kecepatan. Atung mengenakan sarung dengan motif tumpal dari Jakarta.

  • Kaka
Kaka (asiangames2018.id)

Bentuk badannya yang besar ini pasti gampang kalian kenali. Ya, Kaka adalah seekor badak bercula satu (Rhinoceros Sondaicus). Ia melambangkan kekuatan. Kaka mengenakan pakaian tradisional dengan motif bunga khas Palembang.

Sekarang, sudah tahu kan mengapa  mereka dipilih sebagai maskot? Yuk, mari kita dukung Bhin Bhin, Atung dan Kaka untuk menyukseskan Asian Games 2018 mendatang. Juga, serukan bahwa kalian sangat anti dengan tindakan perburuan maupun perdagangan hewan liar yang dilindungi, ya, Kids! (Efa)

 

 

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *