Setelah menggelar berbagai kegiatan dalam pembimbingan dan pelatihan bagi pelaku-pelaku industri kreatif di Jakarta, Disparekraf DKI Jakarta bekerjasama dengan Asosiasi Intelektual Properti Kreatif Indonesia (AIPI) menggelar Popart Jakarta. Sebuah perhelatan dengan tajuk perayaan IP kreatif bertemakan “Celebration of Art and Creative Intellectual Property” yang diselenggarakan di Spac8, Ashta District 8 SCBD, Jakarta mulai tanggal 4 Desember 2021 hingga 19 Desember 2021.

Popart Jakarta hadir sebagai panggung para kreator terpilih untuk menunjukkan karya terbaik mereka. Antusiasme tinggi ditunjukkan oleh penikmat industri kreatif tanah air karena tercatat sebanyak 19.860 orang hadir pada gelaran tersebut. Tak tanggung-tanggung, acara ini juga dihadiri oleh para tokoh terkenal seperti Bapak Anies Baswedan (Gubernur DKI Jakarta), Bapak Erick Thohir (Menteri BUMN), dan Bapak Sandiaga Uno (Menparekraf).

Dalam kesempatan ini, para pengunjung Popart Jakarta disuguhi berbagai macam konsep instalasi seni dari 16 karya, dimana pengunjung dapat berinteraksi dan berfoto sekaligus merasakan pengalaman yang tak terlupakan.

IP-IP yang turut serta dalam kegiatan ini adalah: Bumilangit yang diwakili Gundala sebagai salah satu karakternya, Damn! I Love Indonesia, Dalang Pelo, Dudu, GAJELAS®, Gugug!, Persija Juara, Komik Faktap, Mice Cartoon, Milk Mocha Bear, Satria Dewa Gatotkaca, Show The Monster, Si Juki, Soulcops, Vernalta, dan Yang Terdalam (YTD).

Bapak Andhika Permata, Kepala Dinas Pariwisata & Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta menyampaikan, “Jakarta sebagai Kota Kolaborasi menyambut baik kegiatan ini dan akan mendukung terus  pendorongan industri IP kreatif. Kami melihat banyak talenta dan potensi yang besar yang dimiliki para kreator IP. Dan tentu saja, ini adalah bentuk langkah konkrit dalam pendorongan ekonomi kreatif khususnya di Jakarta”.

Ketua Asosiasi Intelektual Properti Kreatif Indonesia (AIPI), Erlan Arisandi Prabowo menuturkan tingginya minat masyarakat terhadap gelaran Popart Jakarta membuktikan besarnya potensi pasar industri kreatif, khususnya pada bidang pengelolaan IP di Indonesia. “Awalnya kami sempat khawatir menggelar eksebisi di masa pandemi seperti saat ini. Namun ternyata, berhasil meraih sambutan luar biasa dari masyarakat,” akunya.

“Respons positif ini memacu kami untuk terus mengembangkan industri IP tanah air agar bisa terus menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Pasarnya besar, peluang ekonominya besar. Kerja kolaborasi antara pemerintah dan asosiasi seperti ini, harus terus berlanjut dan menjadi percontohan bagi daerah lain. Kami membuka ruang bagi semua pihak untuk berkolaborasi,” ucap Bapak Erlan.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *