Untuk ketiga kalinya, BNI – ITB Ultra Marathon akan digelar kembali. Perlombaan lari yang diikuti oleh 6.000 pelari ini akan dilaksanakan pada tanggal 11 – 13 Oktober 2019,  start yang dimulai dari Grha BNI Jakarta menuju finish di Kampus ITB Ganesa Bandung via puncak.

Setiap tahun penyelenggaraan perlombaan lari ini menunjukkan peningkatan animo peserta. Untuk tahun 2019 ini, jumlah peserta meningkat 3 kali lipat dibandingkan tahun awal penyelenggaraan yaitu total sekitar 6.000 peserta ultra marathon dan fun run. “Hal ini menunjukkan minat masyarakat terhadap event ultra marathon ini semakin meningkat, dan tentunya BNI sebagai Title Sponsor event ini akan terus mendukung kegiatan yang positif ini,” ujar Ibu Adi Sulistyowati, Direktur Hubungan Lembaga & Transaksional Banking BNI.

Sebenarnya pada tahun 2017 dan 2018 jarak tempuh perlombaan lari ini adalah 170 Km, pada tahun 2019 ini ditingkatkan jarakt empuhnya menjadi 200 Km. Mengapa 200 KM? Ternyata angka 200 merupakan refleksi 100 tahun ‘looking backward’, apa saja yang telah dilakukan dan dicapai oleh ITB selama kurun waktu tersebut dan 100 tahun ‘moving forward’, apa saja target yang akan dilakukan dan dihasilkan ITB seabad kedepan.

Sehingga lomba dan festival ultra marathon ini menggambarkan perjuangan panjang dan tanpa lelah dari alumni ITB, sejak mereka belajar keras dan spartan di bangku kuliah, sampai dengan saat ini bekerja keras demi membangun bangsanya. Pesan yang ingin disampaikan kepada masyarakat adalah bahwa membangun negeri ini membutuhkan kerja keras dan ketekunan yang luar biasa layaknya seorang pelari ultra marathon. Berlari ultra marathon sejauh 200K yang sangat berat pun sebenarnya tidak terasa, kerja keras dan ketekunan saja ternyata tidak cukup. Masih dibutuhkan kerjasama di antara seluruh elemen bangsa. Karena itulah dalam acara ini juga diadakan kategori Relay 18, untuk menggambarkan perlunya kerjasama yang erat dan bahu membahu untuk menaklukkan rute panjang dan terjal antara Jakarta dan Bandung sejauh 200K.

Sebagai rangkaian kegiatan untuk menyambut ulang tahun ITB yang ke-100 tahun atau 1 (satu) abad pada tahun 2020 nanti, kegiatan ini diselenggarakan untuk mengajak masyarakat umum berpartisipasi sebagai peserta dan juga menjadi enthusiast ultra marathon, secara khusus untuk menggalang kepedulian dan rasa memiliki alumni ITB pada almamaternya.

“Kegiatan ini membantu subsidi dana pendidikan yang harus disediakan oleh ITB, karena hanya sekitar 30 persen mahasiswa/i yang mampu untuk membayar penuh biaya pendidikan mereka. Kegiatan ini berhasil mengumpulkan dana sampai dengan saat ini lebih dari 2 Milyar Rupiah yang akan diserahkan langsung kepada pihak ITB. Yang menggembirakan, dana ini terkumpul oleh 3.000 penggalang dana dari 5.000 donatur, sehingga dapat dikatakan banyak orang yang sudah mendukung tujuan kegiatan ini. Tentunya, tak terlepas dukungan penuh dari BNI yang telah menjadi sponsor utama ITB Ultra Marathon sejak tahun pertama penyelenggaraan di 2017 dan akan berlanjut sampai 2020, menyambut 100 tahun ulang tahun ITB,” ujar Ir. Susilo Siswoutomo, Ketua Yayasan Solidarity Forever (YSF), sebagai penyelenggara kegiatan ini.

 

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *