Kreatif dan inovatif! Ya, meski di tengah pandemi dimana kita semua belum bisa bebas pergi kemana-mana, apa yang dilakukan Citra (produk kecantikan Unilever) sangat menginspirasi. Citra yang telah menjaga kecantikan perempuan Indonesia selama lebih dari 30 tahun, makin memperkuat brand purpose atau tujuan mulianya yang berfokus pada Perempuan, Komunitas, dan Alam.

Kali ini mereka hadir dengan gerakan #LestarikanCantikIndonesia, bekerja sama dengan berbagai komunitas lokal dalam melakukan upaya pelestarian alam di beberapa destinasi wisata yaitu; Raja Ampat, Gunung Bromo, dan Bali. Tak hanya itu, mereka juga meluncurkan rangkaian produk limited edition Citra Cantik yang terinspirasi dari kecantikan alam di Raja Ampat, Gunung Bromo, serta Bali. Hmmm… bisa mengobati rasa rindu kita terhadap keindahan destinasi-destinasi wisata di Indonesia, ya!

Amaryllis Esti Wijono, Head of Marketing Skin Care Unilever Indonesia.

“Citra senantiasa mengungkap kebaikan dari alam untuk menjaga kecantikan setiap perempuan Indonesia. Hal ini diwujudkan dalam setiap inovasi produknya, dimana sejak dahulu Citra terinspirasi dari bahan-bahan alami. Kami percaya, alam merupakan tempat yang perlu kita jaga bersama meskipun di tengah situasi yang penuh tantangan ini. Gerakan #LestarikanCantikIndonesia merupakan perwujudan dari purpose Citra dan menjadi langkah awal bagi kami untuk dapat berkontribusi dalam menjaga kecantikan alam Indonesia,” ujar Ibu Amaryllis Esti Wijono, Head of Marketing Skin Care Unilever Indonesia.

“Kita semua tahu pariwisata bisa mendukung ekonomi Indonesia, maka kita pun ikut bantu. Tahun ini kita berencana memperkuat dan meluncurkan produk untuk menjaga kecantikan, bukan hanya kecantikan perempuan, tapi juga komunitas dan melestarikan kecantikan alam Indonesia. Alam sudah memberikan segala sesuatunya untuk kita, dan ini feedback kita untuk melestarikannya,” ujar perempuan yang akrab disapa Ibu Lilis ini.

Apa yang dilakukan oleh Citra, mendapat apresiasi yang tinggi dari pemerintah. Dalam hal ini Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. “Kecantikan alam Indonesia telah menjadi daya tarik pariwisata bagi banyak turis lokal maupun mancanegara. Dengan adanya pandemi, pemerintah melakukan berbagai upaya untuk mengakselerasi pemulihan sektor pariwisata yang berfokus pada aspek kebersihan, kesehatan, keselamatan, dan kelestarian lingkungan berkelanjutan, ekonomi kreatif, dan pembangunan infrastruktur. Hal ini kami lakukan agar para pelaku pariwisata lokal dapat beradaptasi dan menggerakkan roda perekonomian sambil memastikan keamanan kesehatan dan kenyamanan wisatawan. Kami sangat mengapresiasi dukungan dari Unilever Indonesia melalui brand Citra yang memiliki kepedulian terhadap sektor ini. Kami berharap, dukungan ini bisa memberi dampak bagi para pelaku usaha di sektor pariwisata serta menjaga kecantikan alam Indonesia,” dukung Ibu Nia Niscaya, Deputi Pemasaran, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

“Ini merupakan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi yang bagus. Raja Ampat, Gunung Bromo, dan Bali, destinasi wisata alam sangat kuat dengan alam dan ini yang dicari saat pandemi. Cerdas sekali mengeluarkan ini karena diangkat dalam kemasan produk Citra. Walau pandemi kita tetap mencintai dan menjaga alam. Dengan produk ini kita bisa menjaga alam dan kelestarian alamnya. Produk yang diberikan kepada perempuan dimana dalam kegiatan pariwisata, penentu keputusan adalah perempuan yang terus diinspirasi destinasi wisata oleh Citra. Perempuan yang menentukan dimana keluarga akan berlibur. Inilah saatnya kita berwisata di Indonesia,” tambah Ibu Nia yang mengaku sudah menggunakan produk Citra sejak tahun 1984.

Beberapa Kegiatan Pelestarian Alam

Sebagai bentuk perwujudan gerakan #LestarikanCantikIndonesia, Citra akan melakukan kegiatan pelestarian alam secara bertahap di sepanjang tahun ini yang meliputi penanaman koral di Raja Ampat bekerja sama dengan komunitas Terangi (Terumbu Karang Indonesia), penanaman pohon di Gunung Bromo yang bermitra dengan National Geographic Indonesia melalui SayaPilihBumi bekerja sama dengan Forum Sahabat Gunung, serta penanaman mangrove bersama komunitas Seasoldier. Tentunya seluruh kegiatan ini akan dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku serta memastikan keamanan dan keselamatan seluruh pihak yang terlibat.

“Potensi dari kecantikan alam Indonesia sangat luar biasa, terutama di beberapa destinasi wisata yang dikenal luas hingga mancanegara seperti Bali, Raja Ampat, Gunung Bromo, dan ragam keindahan destinasi di Indonesia lainnya. Penting sekali bagi kita semua untuk menyadari bahwa kita semua punya tanggung jawab untuk bisa melestarikan kecantikan alam Indonesia. Saya sangat senang bahwa Citra juga turut mendukung kegiatan pelestarian sekaligus mendorong kesadaran masyarakat terkait pentingnya kegiatan ini. Dalam hal ini, National Geographic Indonesia melalui SayaPilihBumi juga turut mendukung kegiatan pelestarian dengan berkolaborasi bersama Forum Sahabat Gunung dalam kegiatan penanaman bibit pohon,” jelas Bapak Didi Kaspi Kasim, Editor in Chief, National Geographic Indonesia.

Sebagai salah satu komunitas yang terlibat di dalam gerakan #LestarikanCantikIndonesia, Kak Nadine Chandrawinata, seorang pegiat lingkungan serta Founder dan Executive Director of Seasoldier juga menambahkan pentingnya peran individu dan komunitas. “Situasi ini mengajak kita semua untuk beradaptasi dan menghargai lingkungan. Jadi meskipun di rumah saja, kita tetap bisa melakukan kegiatan pelestarian alam, misalnya dengan memilah sampah dari rumah atau mendukung inisiatif terkait lingkungan. Bersama dengan Citra, kami akan melakukan penanaman mangrove di Bali untuk membantu perlindungan pantai secara alami. Saya sangat senang bisa menjadi bagian dalam gerakan yang juga menginspirasi perempuan Indonesia untuk berkontribusi bagi alam,” ucapnya senang.

Kemasan Dapat Di-daur Ulang

Gerakan #LestarikanCantikIndonesia juga diiringi dengan peluncuran koleksi produk limited edition Citra Cantik yang terdiri dari rangkaian pembersih dan pelembab kulit. Produk yang terinspirasi dari kecantikan alam di Raja Ampat, Gunung Bromo, dan Bali ini terdiri dari 3 rangkaian produk utama yaitu Marine Collagen, Volcanic Clay, dan Cocoa dengan kemasan yang dapat di daur ulang. Dengan pembelian produk Citra Cantik, para perempuan Indonesia turut berkontribusi dalam melestarikan alam Indonesia.

“Unilever memang sangat berkomitmen dengan bahan alami dan kemasan yang dapat didaur ulang. Dengan membeli produk ini, kita pun ikut berkontribusi terhadap pelestarian alam Indonesia yang kita cintai. Dengan adanya gerakan ini, bisa menjadi inisiatif baru dan berdampak positif bagi Indonesia. Juga dapat menginspirasi perempuan Indonesia untuk terlibat dan berkontribusi nyata yang sederhana dalam melestarikan kecantikan alam Indonesia. Tidak hanya individu tapi juga individu yang kolektif dengan melakukan kegiatan secara bersama-sama,” harap Ibu Lilis.

“Dengan kandungan 100 persen bahan alami, produk Citra aman untuk seluruh perempuan usia remaja sampai dengan dewasa. Cocok untuk semua jenis kulit wanita Indonesia yang ingin selalu tampil cantik dan prima. Apalagi kemasannya pun dapat didaur ulang. Kita punya bank sampah yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia, yang kita salurkan ke industri daur ulang,” tutup Ibu Lilis.

Foto: Novi, Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *