Lima Tips Tingkatkan Imunitas Tubuh

Di masa pandemi menjaga sistem imun atau sistem kekebalan tubuh menjadi hal yang wajib dilakukan untuk menangkal virus. INFORMA, pusat furnitur dan aksesoris untuk hunian dan bisnis, mengajak masyarakat Indonesia untuk meningkatkan imunitas tubuh dengan lima tips pola hidup positif selama beraktivitas di rumah saja melalui inspirasi berbagai produk dengan cara belanja yang aman dan mudah.

Berjemur Aman dan Nyaman di Rumah

Semenjak pandemi berlangsung, berjemur di pagi hari menjadi kegiatan yang wajib dilakukan. Tidak hanya untuk mendapatkan manfaat vitamin D dari sinar Ultraviolet (UV) yang meningkatkan daya tahan tubuh, berjemur juga bisa menjadi kegiatan selingan agar tidak bosan saat selalu beraktivitas di dalam ruangan.

Hal pertama yang harus disiapkan adalah area nyaman dan ideal, kunci utama berjemur yang efektif. Karena kegiatan ini disarankan untuk dilakukan pukul 9-10 pagi, kita bisa melakukannya sambil duduk santai sembari menyantap sarapan di pagi hari. Bagi yang gemar berjemur sambil lesehan maupun tiduran, bisa menggunakan matras.

Selain itu, sinar matahari yang menyilaukan dapat mengganggu penglihatan mata, untuk itu gunakan kacamata anti sinar UV.

Istirahat yang Cukup dan Berkualitas

Tips kedua agar tetap bugar adalah istirahat yang cukup dan berkualitas. Waktu tidur yang cukup sangat berkontribusi pada kesehatan dan kebugaran. Pasalnya, waktu tidur adalah waktunya tubuh meregenerasi jaringan dan otot, juga memungkinkan otot tubuh kita untuk rileks. Pada peringatan World Sleep Day di Universitas Airlangga akhir Maret lalu, Dokter Fidiana, Sp.S(K), Dokter di Universitas Airlangga Surabaya, menyampaikan bahwa indikator tidur yang berkualitas adalah durasi, kontinuitas, dan kedalaman tidur.

Tidak seperti durasi dan kontinuitas, kedalaman tidur sering kali kita abaikan. Padahal kedalaman tidur adalah salah satu faktor penting kualitas tidur seseorang. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kedalaman tidur adalah menciptakan kamar tidur yang nyaman.

Beberes Rumah untuk Kurangi Stress

Berada di rumah saja selama jangka waktu yang lama tentu bisa mendatangkan stres, lebih-lebih bila kondisi rumah tidak rapi. Padahal, penelitian membuktikan rumah yang rapi sangat bermanfaat bagi kondisi psikis seseorang. Rumah yang rapi terbukti mengurangi stres, meningkatkan fokus dan produktivitas saat bekerja di rumah. Karena itu beberes dan merapikan rumah dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Lebih Rajin Bersih-Bersih

Bersih-bersih menjadi hal yang wajib dilakukan di rumah, karena menjaga kebersihan sama pentingnya dengan menjaga kesehatan. Selain itu kegiatan bersih-bersih juga dapat menjadi alternatif olahraga ringan yang baik yang juga melepaskan endorfin yaitu hormon positif yang membuat bahagia sekaligus penenang meningkatkan respons kekebalan tubuh. Selain itu kondisi rumah yang bersih dan segar memiliki dampak yang besar pada kesehatan mental, yaitu dengan membuat diri merasa lebih berenergi, segar, dan rileks.

Makan Lebih Sehat dengan Gizi Seimbang

Imun yang kuat juga diperoleh dari makanan tidak hanya bernutrisi namun juga bergizi seimbang. Mulailah mengonsumsi makanan sehat dengan pengolahan yang juga sehat. Salah satu contohnya adalah mengurangi makanan berminyak dengan cara menggoreng modern tanpa minyak menggunakan air fryer. Dengan teknologi mutakhir yang memutar hawa panas 360 derajat dengan kecepatan tinggi agar panas merata dan menembus partikel makanan dari segala sisi, gorengan renyah dan lezat pun dapat dinikmati tanpa minyak.

Kemudian, makanan kukus pun dapat dipilih sebagai alternatif pengolahan makanan yang sehat selain direbus. Berdasarkan Journal of Agricultural and Food Chemistry, mengukus makanan dapat mempertahankan kandungan gizi makanan dengan lebih baik dibandingkan merebus.

Kesehatan mahal harganya. Karena itu INFORMA berupaya untuk mendukung masyarakat menjaga kesehatan semaksimal mungkin, salah satunya melalui menyediakan beragam produk yang mampu mendukung upaya meningkatkan sistem imun di rumah. Untuk memberikan kemudahan dan keamanan mendapatkan produk-produk dari INFORMA, pelanggan bisa berbelanja dari rumah melalui berbagai channel belanja online seperti INFORMA online di www.informa.co.id/shop atau www.ruparupa.com.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *