Bunga pemakan daging yang menyerupai ular kobra? Memang ada, ya? Ih, seram sekali!  

Bunga Kobra atau dikenal juga dengan Lily Cobra, memiliki nama latin California Pither Plant (Darlingtonia Californica). Bentuk daunnya sangat unik. Berbentuk bulat berongga, menghadap ke bawah, mirip balon. Pada ujung bulatan daun terdapat dua terusan daun yang tumbuh meruncing seperti taring.

Pemakan Serangga
Tumbuhan unik yang satu ini ternyata memakan serangga, lho, Kids. Lily Cobra memangsa serangga yang terperangkap di dalam kantung balonnya. Setelah serangga terperangkap oleh bulu-bulu halus yang ada di dalamnya, lalu dibawa masuk ke dalam rongga paling dalam yang mengelilinginya hingga tak bisa lepas. Selanjutnya, ia akan memakan sari-sari serangga dengan bantuan cairan yang ada dalam rongga di dalam kantung balon tersebut.

 Dormansi
Lily Cobra dapat hidup pada tempat dengan suhu yang sejuk hingga dingin. Oleh karena itu, ketika musim panas, mereka akan melakukan dormansi (suatu kondisi dimana pertumbuhan tumbuhan terhenti karena faktor lingkungan/dari dalam tumbuhan itu sendiri).
Dormansi dilakukan oleh tumbuhan ini untuk bertahan hidup saat musim panas hingga datangnya musim dingin. Hebat, ya, cara bertahan hidup si tumbuhan karnivora unik ini, Kids.

 

Teks: JFK   Ilustrasi: JFK

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *