Liburan akhir tahun sudah kian dekat, nih. Apakah Moms dan Dads berencana untuk menghabiskan liburan dengan bepergian bersama keluarga?

Ya, geliat melancong makin meningkat belakangan ini. Hal ini sering dengan membaiknya kondisi pariwisata di Indonesia serta melunaknya peraturan kedatangan wisatawan di beberapa negara tujuan wisata.

Dilansir dari data PT Angkasa Pura II (Persero), terjadi lonjakan penumpang layanan udara sepanjang tahun 2022. Selama periode Januari – September 2022, jumlah pergerakan penumpang di Bandara AP II mencapai 44,03 juta. Ini meningkat sebanyak 115,30 persen dibandingkan periode sebelumnya.

Dan, melihat tren pelaku perjalanan menjelang libur Natal dan Tahun Baru pada kuartal IV/2022, diprediksi jumlah penumpang dapat mencapai sedikitnya 16 juta penumpang.

Fenomena ini menandakan kebutuhan akan wisata kembali berangsur normal. Mengingat pandemi yang sudah berlangsung lebih dari 2 tahun, tak heran keinginan travelling sangat dinanti-nanti banyak kalangan.

Apalagi setelah sejumlah negara kembali membuka lebar kedatangan wisatawan asing seperti Jepang, Korea, dan sebagian besar negara di Eropa, bepergian telah menjadi salah satu media healing untuk menenangkan pikiran dari masalah atau ritinitas.

Pastikan Menikmati Proses Perjalanan

Hal ini pula yang dialami oleh Asoka Remadja. Pegiat travel yang terkenal karena konten uniknya di media sosial ini mengakui bahwa travelling belakangan ini menjadi salah satu upaya masyarakat untuk healing, yang artinya adalah bentuk upaya seseorang untuk menyembuhkan psikologis jiwa, perasaan, batin, dan pikiran.

“Akan tetapi, beberapa dari mereka hanya memikirkan tujuan dari travelling-nya itu sendiri, bukan proses perjalanannya. Sedangkan, healing sendiri pada dasarnya adalah proses penyembuhan, maka dari itu apabila pelaku perjalanan hanya fokus dengan tujuannya tanpa menikmati proses perjalanannya, kemungkinan saat ia pulang yang didapati bukan kesembuhan sesuai yang diharapkannya,” imbuh Asoka Remadja dalam Talk Show “Healing dengan Bepergian, Apa yang Harus Disiapkan?” pada acara FIN EXPO BIK 2022 belum lama ini.

Allianz Indonesia menghadirkan Asoka Remadja dan Alwin Jasim, Head of Personal Lines & Product Development Allianz Utama Indonesia hadir dalam Talk Show “Healing dengan Bepergian, Apa yang Harus Disiapkan?” dalam rangka FIN EXPO BIK 2022

Coba Destinasi Wisata Baru

Untuk itu, adalah penting bagi pelaku perjalanan untuk benar-benar bisa merasakan manfaat healing dari perjalanan yang ditempuh. Salah satu yang bisa dilakuan agar benar-benar bisa menikmati perjalanan, adalah dengan mencoba sesuatu yang baru di tujuan destinasi wisata yang dikunjungi.

Wishlist yang berisikan kulineran khas dan destinasi wisata favorit di lokasi tujuan kerap menjadi checklist yang harus dipenuhi oleh para pelaku perjalanan. Selain bisa menikmati momen jalan-jalan seutuhnya, lewat cara ini kita juga bisa mengenal kultur baru sebuah negara atau daerah yang kita kunjungi, bahkan apabila beruntung bisa menemukan teman baru dalam perjalanan,” lanjut Asoka.

Antisipasi Risiko Keracunan Makanan

Ya, bagi pebisnis muda ini, berkunjung ke dalam maupun luar negeri tidak lengkap jika tidak mencoba makanan atau minuman khas di destinasi tersebut. Namun, sayangnya terkadang para pelancong tidak tahu pasti apakah makanan tersebut cocok dengan kebiasaan di tempat asal wisatawan, sehingga risiko keracunan makanan tidak bisa dihindari.

“Hal yang sering saya temukan saat jalan-jalan adalah keracunan makanan, atau tidak cocoknya perut dengan bahan makanan atau cara memasak pada negara atau lokasi tujuan. Kondisi ini sudah pasti dapat mengganggu agenda yang telah direncanakan juga anggaran perjalanan”, tambahnya.

Pentingnya Perlindungan Saat Bepergian

Nah, menyikapi pengalaman yang pernah dialami oleh Asoka, Head of Personal Lines & Product Development Allianz Utama Indonesia, Alwin Jasim mengingatkan bahwa saat bepergian ke dalam maupun luar negeri penting untuk memiliki perlindungan, agar healing yang dijalani tidak membuat pusing di kemudian hari.

“Allianz Utama Indonesia telah memperbarui produk asuransi perjalanan internasional, serta memperluas manfaatnya dengan jaminan Covid-19 guna bisa melindungi pelaku perjalanan dari jeratan finansial akibat sakit di luar negeri,” papar Alwin.

Lebih lanjut, Alwin membeberkan tiga tips penting bagi wisatawan. Pertama, adalah untuk melengkapi vaksinasi booster, karena banyak negara tujuan masih mewajibkan kelengkapan ini sebagai persyaratan kunjungan. Kedua, untuk tetap menjalankan protokol kesehatan. Ketiga, agar melengkapi diri dengan asuransi perjalanan yang punya beragam manfaat serta memiliki jaringan internasional yang kuat.

Allianz TravelPro

Di tempat terpisah, Presiden Direktur Allianz Utama Indonesia, Sunadi menyatakan bahwa sebagai salah satu upaya untuk terus melindungi nasabah dan masyarakat Indonesia, Allianz Utama Indonesia memiliki produk asuransi perjalanan bernama Allianz TravelPro yang bisa dimiliki mulai dari Rp66.000,- untuk Single Premium.

Asuransi perjalanan ini dapat memberikan beragam manfaat perlindungan secara optimal, mulai dari pembatalan dan perubahan perjalanan, pengobatan di luar negeri dengan limit yang tinggi, santunan kecelakaan diri dan cacat tetap, keterlambatan keberangkatan dan bagasi, 24-hour emergency assistance, hingga perlindungan kerusakan maupun kehilangan bagasi.

Selain manfaat yang disediakan, asuransi perjalanan ini juga mudah diterima di jaringan rumah sakit internasional yang ada di seluruh dunia. Selain itu, juga memberikan fasilitas cashless kepada nasabah, guna memberikan kemudahan dan kenyamanan pada saat melakukan perjalanan ke luar negeri.

Terhitung per Oktober 2022, menurut Sunadi, penjualan Allianz TravelPro telah mengalami peningkatan lebih dari 500 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini menandakan sudah mulai meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya memiliki perlindungan, terutama dengan fakta bahwa Covid-19 masih ada di sekitar kita.

“Dengan adanya perlindungan komprehensif dari Allianz TravelPro, kami berharap para pelaku perjalanan dapat menikmati healing-nya dengan tenang, dan dapat membantu meningkatkan antusiasme perjalanan wisata dalam maupun luar negeri,” tutup Sunadi.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *