Setelah enam tahun setia menemani penikmat musik di Indonesia, JOOX kini telah berevolusi menjadi Social & Entertainment Discovery Platform yang memberikan pengalaman lebih dari musik. Didukung dengan berbagai fitur interaktif, seperti ROOMS, Live, dan Karaoke, JOOX menyambut lebih banyak insan kreatif untuk memanfaatkan JOOX sebagai wadah kolaborasi untuk dapat menemukan berbagai hal, mulai dari musik, komunitas, hingga pengalaman baru. Untuk merayakan perjalanan ini dan dengan semangat Sumpah Pemuda, JOOX bersama Laleilmanino, Visinema, Swara Gembira dan berbagai komunitas kesenian menghadirkan kolaborasi akbar SVARA “Perjalanan Bermakna di Balik Nada”.

“Setelah 6 tahun hadir di Indonesia, kami percaya bahwa kolaborasi adalah kunci dalam mendukung kemajuan industri kreatif Indonesia. Adanya kebutuhan pengguna untuk dapat dengan mudah menikmati hiburan dan terhubung kapan pun dan di mana pun, JOOX terinspirasi menjadi platform yang memberikan pengalaman lebih dari musik. Seiring peningkatan konsumsi lagu lokal di JOOX yang mencapai 75 persen, JOOX menghadirkan kolaborasi akbar SVARA ini yang merupakan awal dari perjalanan kami menjadi wadah kolaborasi yang berkontribusi dalam mendukung perkembangan industri musik dan kreatif tanah air,” ujar Head of Marketing JOOX Indonesia, Ibu Yuanita Agata.

Berawal dari keinginan yang sama antara JOOX dan Laleilmanino untuk menghadirkan suatu karya yang berbeda di milestone usia barunya, perjalanan penuh makna “SVARA” ini diinisiasi untuk mencari inspirasi dengan cara membuka diri dan menemukan makna dari segala sesuatu yang ada di sekitar kita. “Setelah 7 tahun berkarya dan membuat 100 lagu, Kami ingin menemukan inspirasi bermusik dan perspektif baru. Kolaborasi SVARA bersama JOOX ini mengajak kami mengunjungi beberapa kota di Indonesia dan mempertemukan kami dengan banyak masyarakat dan komunitas lokal yang dengan konsisten memperkenalkan budaya dan tradisi Indonesia kepada masyarakat luas. Inspirasi dan pesan yang kami temukan dari masyarakat, musik, dan budaya yang kami temui selama perjalanan ini kami tuangkan ke dalam 4 lagu JOOX Original baru,” jelas Laleilmanino, Trio Produser Musik.

Untuk membawakan 4 lagu original tersebut, JOOX dan Laleilmanino mengajak empat musisi muda Indonesia yang memiliki genre musik berbeda, yaitu Baila Fauri, Diskoria Selekta, HIVI!, dan Rizky Febian. Cerita perjalanan menemukan inspirasi dan cerita di balik 4 lagu original tersebut juga didokumentasikan dan digambarkan secara apik dalam bentuk 5 episode dokumenter oleh Visinema Content. Visinema sebagai rumah produksi yang menjadi wadah bagi bakat-bakat muda Indonesia yang ingin tumbuh dan berkembang bersama diwakili oleh Sonny Laksamana selaku Sutradara SVARA menyampaikan, “Kami tentunya sangat senang berpartisipasi dalam sebuah karya kolektif yang merupakan kolaborasi akbar dari para insan kreatif Indonesia. Sebagai kolaborator, kami ingin berpartisipasi dalam menggambarkan dan menyampaikan pesan serta makna yang Lale Ilman Nino dan JOOX temukan dalam proses pencarian inspirasi tersebut. Melalui dokumenter ini pun, kita semua dapat melihat bagaimana para komunitas berkarya sesuai kata hati mereka serta keindahan musik dan budaya Indonesia.”

Untuk mengeksplorasi budaya dan musik lokal selama perjalanan, JOOX juga melibatkan Swara Gembira yang memiliki misi untuk merevolusi seni budaya agar digemari muda-mudi Indonesia yang dikemas dengan konsep kekinian. “Indonesia memiliki ragam budaya yang unik dari setiap daerahnya, mulai dari tarian, musik dan elemen lainnya yang perlu digaungkan kepada generasi muda. Dengan hadirnya kolaborasi ini, kami berharap dapat merepresentasikan budaya dalam karya yang modern. Tentunya ini agar generasi muda semakin bangga terhadap kekayaan tradisi Indonesia,” jelas Oi dari Swara Gembira.

Seluruh episode dokumenter SVARA “Perjalanan Bermakna di Balik Nada” dapat segera disaksikan oleh seluruh pengguna JOOX pada tanggal 5 November 2021 melalui fitur JOOX Live. Sedangkan 4 lagu JOOX Original SVARA akan dirilis secara berkala setiap minggunya mulai tanggal 8 November 2021 secara eksklusif di aplikasi JOOX.

JOOX Artist of the Month Bulan November 2021
Melanjutkan komitmen JOOX dalam mengapresiasi musisi atas kontribusi mereka pada industri musik, JOOX kembali mengumumkan JOOX Artist of the Month bulan November 2021, yaitu Laleilmanino. Setelah 7 tahun berkiprah di industri musik Indonesia, penghargaan demi penghargaan selalu berhasil diraih oleh Laleilmanino. Trio produser dan pencipta lagu ini merupakan sosok di balik deretan lagu hits Indonesia yang memuncaki tangga lagu. Keberhasilan ini juga ditandai dengan milestone mereka yang telah mencapai 100 lagu sebagai produser sekaligus pencipta lagu.
Selain kolaborasi spesial SVARA, JOOX juga akan memberikan dukungan penuh pada Laleilmanino untuk terhubung dengan lebih banyak pecinta musik di tanah air melalui gathering virtual bersama Laleilmanino sekaligus listening party lagu JOOX Original SVARA di JOOX ROOMS pada tanggal 9, 12, 19, dan 26 November, kompetisi menyanyi Quick Sing lagu Laleilmanino, serta konser musik Laleilmanino di JOOX Live pada akhir November 2021. “Saya mewakili tim Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia mengapresiasi JOOX yang sudah konsisten selama 6 tahun mendukung perkembangan industri musik tanah air dengan memberikan kemudahan akses musik-musik lokal. Program SVARA ini juga sangat menarik karena tidak hanya menghibur tapi banyak pesan dan makna yang disampaikan agar kita lebih bangga dan bersyukur akan kekayaan yang ada di sekitar kita, Indonesia. Tak lupa, saya juga ingin mengajak para generasi muda serta seluruh stakeholder terkait untuk terus mendukung produk industri kreatif dalam negeri, khususnya musik Indonesia, serta turut berperan aktif dalam upaya memopulerkan budaya nusantara,” ujar Bapak Muhammad Neil El Himan – Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia.

(Foto : Ist)

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *