Saat ini banyak minuman kekinian yang hadir di Indonesia, baik di mal-mal ataupun di pinggir jalan, ya, Kids? Tapi, jangan lantas membuat kalian lupa akan produk lokal, lho. Minuman-minuman khas asal Indonesia juga sangat banyak dan yang pasti rasanya juga tidak kalah. Ada es doger, es cincau, es blewah, dan lain sebagainya. Dikemas kekinian, minuman-minuman lokal asal Indonesia, yakin dan siap bersaing dengan tren minuman dari luar.

Hal itulah yang akan coba dibuktikan oleh Kak Gibran Rakabuming, pengusaha muda yang sudah memiliki berbagai macam gerai kuliner. Sebut saja katering Chili Pari, Markobar, dan Ternak Kopi. Bekerja sama dengan dua pengusaha muda lainnya yaitu Kak Kevin Susanto, dan Kak Benz Budiman, putra pertama Presiden RI Joko Widodo ini membangun gerai khusus minuman tradisional Indonesia yang diberi nama Goola (baca: gula).

#LocalPride

Bangga dengan cita rasa khas nusantara dan keinginan besar untuk mengembangkan produk lokal ke ranah Internasional, merupakan motivasi awal terciptanya Goola ini, Kids. Para putra bangsa tersebut ingin mengajak masyarakat agar memiliki rasa #LocalPride atau bangga pada produk lokal. Goola pun kemudian mentransformasi minuman tradisional seperti es doger, es cincau, dan ketan hitam dengan penyajian yang kekinian dan penamaan yang tak kalah unik seperti Es Doger Jeger dan Es Merdeka 45.

Siap bersaing dengan tren minuman dari luar, Goola meresmikan dua outlet terbarunya di lokasi yang sangat strategis yaitu Pacific Place dan Plaza Indonesia, guna memudahkan para penikmat minuman manis untuk mengonsumsi minuman asli Indonesia dan menggeser tren minuman ke cita rasa lokal.

“Dengan hadirnya Goola, kami ingin menumbuhkan rasa cinta dan mengedukasi masyarakat terhadap produk asli Indonesia melalui modernisasi minuman tradisional. Menggunakan 100 % bahan asli Indonesia dan  kemasan yang kekinian, cita rasa asli nusantara ditransformasi melalui teknologi modern. Dengan ragam menu minuman yang berasal dari Sabang hingga Merauke dan topping seperti authentic coconut foam, Goola siap bersaing dengan tren minuman dari luar yang sedang merajalela,” jelas Kak Gibran Rakabuming sebagai inisiator awal Goola.

Momen Kemerdekaan

Untuk diketahui, gerai Goola sebenarnya sudah ada sejak Agustus tahun lalu, lho, Kids. Mengusung tema kemerdekaan minuman lokal, outlet Goola pertama didirikan di daerah Cikini pada 17 Agustus 2018, bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia. Mengikuti maraknya animo masyarakat, Goola mendirikan empat outlet lain yaitu di Plaza Indonesia pada Maret 2019, Pacific Place pada pertengahan Maret 2019, Tokopedia Tower pada Mei 2019, dan Padang Merdeka Mall Kelapa Gading pada Juli 2019.

“Alasan kami memulai Goola, dikarenakan kami melihat tidak adanya rasa bangga terhadap minuman tradisional Indonesia. Kami ingin minuman lokal lebih mudah digapai dan dikonsumsi oleh masyarakat, oleh karena itu kami menghadirkan Goola di lokasi yang strategis dan penyajian yang modern. Tujuan utama kami adalah untuk menjadi pencetus kebangkitan minuman nasional Indonesia yang mampu bersaing di kancah Internasional,” tambah Kak Gibran.

22 Kreasi Minuman

Sebagai bentuk deklarasi kebangkitan minuman nasional, Goola menghadirkan minuman 4.0 dengan 22 ragam kreasi minuman khas Nusantara. Tak ketinggalan maraknya tren brown sugar dan juga bubble tea, Goola turut menghadirkan versi khas lokal, yaitu Es Goola Aren, yang menggunakan bubble ala Indonesia yaitu Bubble 45 (sagu mutiara), serta susu kelapa dan gula aren.

Es Doger Jeger

Masih menggunakan Bubble 45, Es Merdeka 45 yang dilengkapi dengan foam kelapa autentik ala Goola juga menjadi favorit. Beberapa minuman tradisional seperti Es Doger Jeger, Es Kegelapan (Ketan Hitam), Es CinJaw (Cincau) juga menjadi menu signature dan andalan dari Goola.

Selain itu, GOOLA juga menyediakan seri lain dari minumannya yaitu Coffee Series, Tea Series, dan Refreshing Series. Minuman pada series lain juga tidak melupakan sentuhan khas nusantara seperti misalnya Es Jerit (Jeruk Nipis Mutiara) yang menjadi salah satu menu pelepas dahaga.

Es Cinjaw

“Goola ingin mengembangkan tren konsumsi minuman manis ke cita rasa lokal. Kalau tren minuman dari luar bisa populer di berbagai negara, inilah saatnya minuman khas Indonesia juga dicintai dan dikenal secara global. Rencana kami dalam beberapa tahun ke depan adalah melakukan ekspansi ke beberapa negara di Asia Tenggara,” tutup Gibran.

Diskon 60%

Sebagai bentuk promo deklarasi kebangkitan minuman nasional, Goola yang buka setiap hari mulai pukul 10.00-20.00 WIB, bekerjasama dengan payment gateway, OVO, dan CASHBAC, memberikan diskon sebesar 60% bagi semua kreasi minuman di semua outlet Goola mulai tanggal 4 Juli 2019 hingga 7 Juli 2019 dan 8 Juli 2019 hingga 14 Juli 2019.

Foto: Istimewa

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *