Jenius Luncurkan Fitur Investasi, Main Reksa Dana Jadi Mudah!

Di awal tahun 2022, Jenius dari PT Bank BTPN Tbk kembali meluncurkan inovasinya demi memuaskan pengguna. Hari ini, 3 Februari 2022, pelopor digital banking di Indonesia tersebut meluncurkan fitur terbaru, Investasi. Kini, Moms dan Dads maupun nasabah Jenius lain dapat mulai berinvestasi reksa dana dengan mudah dan simpel langsung dari aplikasi Jenius.

Kehadiran fitur baru ini, diungkapkan oleh Waasi B. Sumintardja, Digital Banking Business Product Head Bank BTPN, menjawab kebutuhan para digital savvy. Berdasarkan Jenius Study: “Adaptasi Gaya Hidup Digital Savvy Selama Pandemi 2021” yang melibatkan sebanyak 527 responden masyarakat digital savvy, usia 26 – 40 tahun yang dilangsungkan pada Maret 2021, ditemukan bahwa lima topik yang paling dicari selama pandemi adalah Covid-19 (33%), investasi (28%), streaming hiburan (10%), bisnis (8%), dan financial planning (7%).

Masih dalam studi yang sama, masyarakat digital savvy juga mengalokasikan ulang dana yang telah disiapkan untuk rencana yang tertunda akibat pandemi untuk menabung (38%), investasi (24%), kebutuhan sehari-hari (14%), deposito (9%), dan kesehatan (3%).

Waasi B. Sumintardja, Digital Banking Business Product Head Bank BTPN

Menjawab Kebutuhan Digital Savvy

“Jenius selalu berangkat dari masukan para pengguna lewat co.creation. Sebagai solusi life finance bagi masyarakat digital savvy, terutama yang berusia 20-an hingga 40-an tahun, Jenius ingin membantu mereka  untuk mengelola kehidupan dan keuangan dengan lebih simpel, cerdas, dan aman. Oleh karena itu, setelah melalui proses kokreasi dengan masyarakat digital savvy, Jenius meluncurkan fitur Investasi untuk menjawab kebutuhan mereka yang ingin mulai berinvestasi dengan simpel langsung dari aplikasi Jenius,” ujar Waasi.

Ia melanjutkan, kehadiran fitur Investasi semakin melengkapi sederet fitur-fitur revolusioner di aplikasi Jenius yang membantu digital savvy untuk bertransaksi, mengatur cash flow, dan menabung dengan mudah dan simpel. “Mudah-mudahan dengan hadirnya fitur ini Jenius semakin bisa diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia,” imbuhnya.

Ditambahkan oleh Faizal Abdillah, Digital Banking Wealth Management Product Lead Bank BTPN, fitur terbaru ini  memudahkan pengguna untuk mengakses produk reksa dana dari beragam manajer investasi terpilih. Jenius juga menyediakan rekomendasi alokasi investasi berdasarkan profil risiko pengguna yang dapat dijadikan pertimbangan sebelum melakukan pembelian reksa dana sehingga investasi lebih optimal. Tidak hanya itu, pengguna juga bisa melakukan transaksi dengan lebih mudah karena hanya perlu memindahkan dana dari Saldo Aktif tanpa perlu berpindah aplikasi.

Fitur Investasi di Jenius ini juga menyediakan komposisi kategori produk investasi untuk pengguna jadikan referensi. Komposisi portofolio ini Jenius siapkan sesuai dengan profil risiko masing-masing pengguna, agar investasi bisa tumbuh lebih optimal. Saat ini tersedia 17 produk investasi reksa dana dari tiga manajer investasi, yaitu Ashmore, Mandiri, dan Schroders, serta empat kategori produk, yaitu pasar uang, obligasi jangka pendek, obligasi jangka panjang, dan ekuitas.

Serba Simpel

Fitur terbaru Investasi di Jenius, ujar Faizal, menghadirkan 4 cara simpel bagi pengguna. Mulai dari simpel membuka akun reksa dana, simpel memilih produk, simpel bertransaksi, hingga simpel memantau portofolio langsung dari aplikasi Jenius. “Pengguna dapat dengan mudah Simpel Memulai Berinvestasi dengan mengakses fitur Investasi melalui menu Wealth di aplikasi Jenius, lalu mengikuti kuis profil risiko untuk mengetahui produk investasi yang cocok berdasarkan tingkat toleransi terhadap risiko investasi. Ada enam pertanyaan terkait pengalaman, rencana, dan tujuan berinvestasi yang perlu dijawab. Setelah mengisi kuis profil risiko ini, Jenius akan menginformasikan profil risiko pengguna yaitu, konservatif, konservatif moderat, moderat, agresif moderat, dan agresif,” katanya.

Selanjutnya, untuk membuka akun reksa dana di Jenius, pengguna hanya perlu mengisi pertanyaan mengenai pendidikan terakhir dan menyetujui syarat dan ketentuan. Proses pembukaan akun reksa dana ini terbagi menjadi tiga tahap, yakni pengajuan, verifikasi data, dan persetujuan pengajuan. Proses Verifikasi sendiri membutuhkan waktu maksimal dua hari bursa. Setelah itu, Jenius akan mengirim pemberitahuan informasi status akun reksa dana berhasil terverifikasi.

Pengguna tak perlu khawatir, tak ada syarat minimal tingkat pendidikan, kok. “Pertanyaan mengenai pendidikan terakhir hanya salah satu cara Jenius untuk mengenali nasabahnya. Untuk berinvestasi, terbuka untuk tingkat pendidikan apapun,” tegas Faizal.

Mulai dari Rp. 10.000 Saja!

Lalu pengguna juga dapat dengan Simpel Memilih Produk Reksa Dana. Pengguna dapat membuat portofolio dengan memberikan nama portofolio sesuai tujuan keuangan yang ingin diwujudkan.  Ada dua cara yang bisa digunakan ketika mencari produk reksa dana di Jenius, yaitu berdasarkan manajer investasi dan kategori produk. Selanjutnya, pengguna dapat Simpel Bertransaksi, karena proses membeli  reksa dana di aplikasi Jenius langsung mengambil dana dari Saldo Aktif tanpa perlu transfer uang atau top up e-Wallet. Untuk proses penjualan, pengguna hanya perlu memilih reksa dana yang ingin dijual lalu masuk ke tahap verifikasi, dan penjualan pun telah sukses diproses. Masing-masing manajer investasi di Jenius juga menawarkan kemudahan dalam hal minimum pembelian. Dengan fitur Investasi ini pengguna dapat melakukan investasi reksa dana tanpa modal besar. “Nasabah bisa berinvestasi reksa dana mulai dari Rp10.000 saja,” imbuh Faizal.

Pengguna juga dapat dengan Simpel Memantau produk Investasi di Jenius, cukup dengan mengakses halaman Wealth di aplikasi Jenius untuk melihat informasi terkait performa portofolio, seperti Total Investment–total investasi yang dimiliki serta Total Return Investasi–informasi return dalam Rupiah beserta nilai persentasenya.

Faizal juga menjelaskan, nasabah juga bisa menjual produk dana investasinya dengan mudah lewat aplikasi Jenius. “Batas maksimal sebesar nilai investasi yang dimiliki nasabah,” katanya. Untuk lamanya proses penarikan/pencairan dana investasi, berpijak pada peraturan OJK (Otoritas Jasa keuangan) yakni 7 hari kerja.

Selain itu, jika terjadi sesuatu yang tak diinginkan misal meninggal dunia, investasi reksa dana nasabah bisa diwariskan. “Investasi reksa dana bisa dihibahkan. Untuk prosedurnya, ahli waris bisa langsung menghubungi pihak Jenius melalui call center atau datang langsung ke Bank BTPN. Jadi, relatif aman,” pungkas Faizal.

“Diluncurkannya fitur Investasi di Jenius ini menunjukkan bukti nyata komitmen Jenius untuk menjadi solusi life finance yang semakin lengkap agar terus relevan dengan kebutuhan masyarakat digital savvy di Indonesia. Ke depannya, kami berharap untuk terus berkembang dan menghadirkan inovasi-inovasi baru, tentunya dengan melalui proses kokreasi dan kolaborasi,” ujar Waasi.

Waasi mengatakan, saat ini pilihan investasi yang tersedia baru reksa dana. “Tentu saja ke depannya, kami akan terus mengembangkan fitur Investasi ini. Sekarang dimulai dengan reksa dana, namun tidak menutup kemungkinan kami akan menghadirkan instrumen-instrumen investasi lainnya,” tutup Waasi.

Nah, Moms dan Dads, tertarik berinvestasi? Anda bisa langsung mengunjungi fitur Investasi di Jenius di www.jenius.com/app/investasi/reksa-dana.

Foto: Efa, Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *