Internet mempermudah kita berkomunikasi dan mencari informasi, ya, Kids. Tapi, siapa sih yang pertama kali menemukan internet ini? 

Dialah Leonard Kleinrock asal Amerika Serikat yang lahir pada 13 Juni 1934. Sejak muda, Kleinrock sangat tertarik dengan dunia teknologi. Tahun 1951, ia pun masuk ke sekolah yang fokus mempelajari teknologi yaitu Bronx High School of Science. Di sekolah tersebut, Kleinrock sering melakukan percobaan pada jaringan komputer, hanya untuk mengasah bakatnya.

Penemuan Terbesar

Tahun 1957, Kleinrock mendapat gelar Sarjana Teknik Elektro dan Ilmu Komputer dari City College of New York. Kleinrock kemudian menjadi pengajar di Universitas California Los Angeles (UCLA). Di tempat inilah penemuan terbesarnya yaitu internet, lahir.

Arpanet Jaringan Pertama

Arpanet merupakan  jaringan komputer pertama yang dibuat Kleinrock. Pesan pertama Arpanet dikirim oleh mahasiswa programmer UCLA, Charley Kline, pada tanggal 29 Oktober 1969. Ia dibimbing oleh Kleinrock untuk melakukan transmisi pertama menggunakan teknologi jaringan yang diberi nama internet.

Sempat Gagal

Awalnya, Kleinrock mengirim transmisi sebuah kata, yaitu “LOGIN”. Namun sambungan ini hilang tepat sebelum huruf “G”. Jadi, hanya 2 huruf yang terkirim yaitu “LO”, yang muncul pada layar di Standord Research Institute, dengan jarak 314 mil.

Walau percobaan pertama tersebut gagal, tapi Kleinrock senang karena telah berhasil melakukan transmisi jarak jauh lewat jaringan komputer pertama kali di dunia.

Makin Berkembang

Sejak percobaan pertama itu, Arpanet semakin dikembangkan dan mendapat tanggapan luar biasa. Kleinrock pun berhasil mendapat berbagai penghargaan atas dedikasinya terhadap dunia internet. (Nov)

 

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *