Orang Betawi atau warga asli yang mendiami kota Jakarta dan sekitarnya, punya tontonan yang mirip dengan sandiwara atau teater yang sangat terkenal, namanya Lenong.
Nah, saat para pemain memperagakan adegan mereka, biasanya diiringi musik gambang kromong dengan alat-alat musik seperti gambang, kromong, gong, kendang, kempor, suling, dan kecrekan, serta alat musik unsur Tionghoa seperti tehyan, kongahyang, dan sukong.
Lakon atau skenario Lenong umumnya mengandung pesan kebaikan, yaitu menolong yang lemah, membenci kejahatan dan perbuatan tercela. Bahasa yang digunakan dalam Lenong adalah bahasa Melayu (atau kini bahasa Indonesia) dengan dialek Betawi.

Sejarah Panjang
Lenong adalah seni masyarakat Betawi yang sudah sangat lama. Awalnya kesenian ini dipertunjukan dengan cara mengamen dari kampung ke kampung. Pertunjukan digelar di ruang terbuka tanpa panggung maupun tenda. Ketika pertunjukan berlangsung, salah seorang aktor atau aktris mengitari penonton sambil meminta sumbangan secara sukarela.
Selanjutnya, Lenong mulai dipertunjukan atas permintaan pelanggan dalam acara-acara di panggung hajatan seperti resepsi pernikahan. Baru di awal kemerdekaan, teater rakyat ini murni menjadi tontonan panggung.

Lebih Bagus
Pada tahun 1970-an, kesenian Lenong dipamerkan lebih baik karena dipertunjukan secara rutin di panggung Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta. Ceritanya mulai ditata lebih bagus, panggungnya dibuat lebih seperti halnya teater yang modern.
Selain itu, waktu pentasnya juga dibatasi sekitar dua atau tiga jam dan tidak lagi semalam suntuk.
Lenong tambah dikenal luas manakala menjadi tontonan di televisi oleh Televisi Republik Indonesia (TVRI). Setelah itu, televisi swasta juga ikut menayangkan karena seni drama ini mulai banyak diminati.
Saking populernya, sempat ada acara televisi namanya Lenong Bocah. Sayangnya, belakangan Lenong mulai jarang muncul di layar kaca.

 

 

 

Teks: JFK     Ilustrasi: JFK

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *