JAKARTA, majalahjustforkids.com – “Belum diminum susunya dan belum dipakai laptopnya saja, anak-anak sudah terlihat sangat antusias dan bahagia sekali saat mendapatkan donasi dari program gerakan sosial ‘Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia’ yang diselenggarakan oleh SGM Eksplor,” ungkap Ibu Shiera Syabila Maulidya, Senior Brand Manager SGM Eksplor secara online pada Rabu, 14 Desember 2022, saat menceritakan dampak dari program gerakan sosial ‘Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia’ bagi anak-anak di berbagai daerah yang menerimanya.

“Mereka sangat heboh karena begitu antusias mendapatkan susu dan laptop. Jadi, bisa belajar dan nggak rebutan lagi. Tidak hanya anak-anak, orangtua dan juga guru pendamping sangat semangat. Dampak gerakan sosial ini memang responsnya sangat positif. Oleh karena itu, kami pun berharap apa yang kita lakukan ini bisa sustainable (berkelanjutan) dan tidak putus hingga bisa mencetak generasi emas 2045 seperti yang sudah dicanangkan Pemerintah. Kita optimis karena gerakan sosial ini tidak hanya kami yang ikut, tapi juga para Bunda di seluruh Indonesia,” tandas Ibu Shiera.

Shiera Syabila Maulidya, Senior Brand Manager SGM Eksplor

Ibu Shiera percaya bahwa semua anak memiliki kesempatan dan potensi yang sama untuk mendapatkan akses nutrisi dan edukasi. “Tapi kita suka lupa bahwa di luar sana masih banyak anak yang mendapatkan tantangan untuk akses nutrisi dan edukasi. Untuk itu, kita lakukan kolaborasi setiap tahun. Menggaet lebih banyak lagi inisiatif dan kolaboratif bersama. Sehingga akses nutrisi dan edukasi bisa kita salurkan lebih banyak lagi dengan cara menggaet mitra-mitra untuk menyalurkannya pada anak-anak di seluruh Indonesia yang membutuhkan. Di tahun ini, mulai Agustus sampai Oktober, seluruh Bunda di Indonesia juga ikut serta  gerakan sosial ‘Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia’ dalam setiap pembelian SGM Eksplor,” urai Ibu Shiera.

Diakui Bapak Arif Mujahidin, Corporate Communications Director Danone Indonesia, SGM susu generasi maju ini sejarahnya panjang bersama Indonesia. “Lama sekali yaitu setelah tahun 1965-1968 di Yogyakarta. Sebagai brand sahabat anak Indonesia sejak lama, SGM melakukan sesuatu yang beyond sebagai produk bernutrisi. Di luar menawarkan nutrisi yang baik, ada hal yang juga menunjukkan semangat brand tersebut yaitu gerakan sosial tunjuk tangan ini. Tahun 2045 Indonesia mendapatkan bonus demografi. Tapi kalau tidak didukung dengan mengatasi tantangan ini, tentu tidak bisa mewujudkan Generasi Emas 2045 seperti harapan Pemerintah,” cetus Bapak Arif.

Arif Mujahidin, Corporate Communications Director Danone Indonesia

Ya, Indonesia masih menghadapi beberapa tantangan dalam mempersiapkan SDM unggul untuk kemajuan masa depan bangsa, diantaranya pemerataan akses pendidikan dan nutrisi di seluruh daerah, dan masih banyaknya masyarakat yang dalam kondisi kurang beruntung.

Terlebih lagi, pandemi juga telah memberikan dampak dan tantangan yang besar terhadap akses pendidikan, kesehatan, serta ketahanan ekonomi bagi 80 juta anak di Indonesia. Dimana pada tahun 2021, Indonesia tercatat sebagai negara dengan jumlah penduduk kurang gizi tertinggi di Kawasan Asia Tenggara.

Selain itu, dari sisi pendidikan, kejadian putus sekolah pun masih mewarnai proses pendidikan di Indonesia, dimana 1 dari 1.000 siswa putus sekolah di jenjang SD/Sederajat. Data-data tersebut semakin memperkuat fakta sebelumnya yang menunjukkan bahwa 9 dari 10 anak di Indonesia masih mengalami kekurangan akses nutrisi dan pendidikan yang memadai untuk bisa mencapai kemajuan.

Akses Nutrisi, Kesehatan, dan Pendidikan untuk Lebih dari 200 Ribu Anak

Melihat kondisi tersebut, di tahun 2022 ini, SGM Eksplor kembali menghadirkan gerakan sosial ‘Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia’, melalui gerakan ini, SGM Eksplor bersama para mitra serta Bunda di Indonesia telah berhasil memberikan dukungan akses nutrisi, kesehatan, dan pendidikan kepada lebih dari 200.000 Anak Indonesia yang tersebar di hampir seluruh provinsi di Indonesia, melalui pembelian produk SGM Eksplor.

Inisiatif ini merupakan upaya SGM Eksplor untuk mendukung akses kemajuan anak Indonesia sebagai bagian dari mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul sejak dini untuk mewujudkan visi pemerintah Generasi Emas 2045.

Septi Peni Wulandani, Pemerhati ibu dan anak, Founder school of life dan Ibu Profesional

Dukungan datang dari Ibu Septi Peni Wulandani, Pemerhati ibu dan anak, Founder school of life  dan Ibu Profesional. “Anak merupakan hal terpenting bagi orangtua sekaligus menjadi harapan masa depan bangsa. Akses nutrisi dan pendidikan merupakan langkah awal dalam mengembangkan potensi maksimal mereka. Oleh karena itu, perlu adanya dukungan kolektif dari masyarakat dan berbagai pihak termasuk sektor swasta. Inisiatif yang telah dilakukan SGM Eksplor melalui gerakan sosial ‘Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia’, sangat saya apresiasi sebagai upaya untuk mengajak semua pihak saling mendukung kemajuan anak Indonesia dan mewujudkan ‘Generasi Emas 2045,” ucap Ibu Peni.

Komitmen SGM Eksplor

Selama lebih dari 68 tahun hadir dan menyediakan nutrisi untuk masyarakat Indonesia, SGM Eksplor berkomitmen melakukan berbagai inovasi produk untuk menjawab kebutuhan nutrisi anak-anak Indonesia.

Salah satunya adalah permasalahan anemia atau kekurangan zat besi yang masih dialami sekitar 1 dari 3 anak berusia di bawah 5 tahun di Indonesia. Padahal, zat besi merupakan salah satu nutrisi penting untuk mendukung pertumbuhan maksimal fisik dan perkembangan fungsi kognitif anak.

“Oleh karena itu, dalam upaya pemenuhan akses nutrisi bagi anak Indonesia, SGM Eksplor Progress-Maxx juga telah menghadirkan inovasi susu pertumbuhan satu-satunya yang mengandung Iron-C™ – kombinasi unik Zat Besi & Vitamin C, yang berguna untuk dukung penyerapan nutrisi penting dengan maksimal, serta mengandung nutrisi penting lainnya  seperti DHA, Minyak ikan tuna, Omega 3&6, Serat pangan, dan Zinc,” terang Ibu Shiera.

Sebagai produk susu pertumbuhan nomor 1 yang majukan 75 juta anak Indonesia sejak 1954, SGM Eksplor terus berkomitmen dengan menghadirkan dan mengembangkan produk bernutrisi yang terjangkau dan berkualitas bagi anak-anak Indonesia yang diformulasikan untuk dukung si Kecil tumbuh maksimal di 4 aspek agar jadi Generasi Maju, yaitu dukung Daya pikir, Pencernaan, Daya tahan tubuh, dan Pertumbuhan maksimal.

Bukti SGM Eksplor Dukung Prestasi Anak

Dikatakan oleh Ibu Shiera, SGM Eksplor telah mendukung pemenuhan nutrisi anak-anak Indonesia untuk dapat meraih kemajuan dengan beragam prestasi di bidangnya masing-masing, seperti yang telah dibuktikan oleh Greysia Polii dan Merry Riana.

Peraih Medali Emas Olimpiade, Greysia Polii (paling kiri)

Sebagai salah satu Anak SGM yang telah tumbuh menjadi generasi maju,  Peraih Medali Emas Olimpiade, Greysia Polii mengatakan sejak kecil, Bundanya selalu memastikan bahwa ia mendapatkan nutrisi yang terbaik dan akses pendidikan optimal. “Sehingga saya memiliki kesempatan untuk mewujudkan mimpi menjadi atlet bulutangkis namun tetap tidak menomorduakan pendidikan formal hingga juga bisa menyelesaikan kuliah,” ujarnya.

Greysia bercerita saat di Manado, Sulawesi Utara, sejak usia 5 tahun, ia bangun pukul 5 pagi untuk berlatih bulutangkis. “Sejak kecil, Bunda memastikan nutrisi saya yaitu harus selalu minum susu. Dan sampai sekarang pun saya tetap minum susu. Dari hasil perjuangan dan dukungan tersebut, akhirnya saya bisa berhasil menyabet medali emas Olimpiade Tokyo 2020, membuktikan peran saya sebagai Anak Generasi Maju yang bisa memajukan bangsa,” ucapnya.

Motivator dan Pengusaha, Merry Riana

Motivator dan Pengusaha, Merry Riana mengaku sejak kecil sudah dikasih buku geografi tentang orang-orang besar dimana mereka meski berlatarbelakang sederhana, bukan siapa-siapa, dan tak punya apa-apa, tapi berani bermimpi besar dan cita-cita tinggi. “Memotivasi saya suatu saat nanti, punya mimpi saya kembali ke Indonesia sudah sukses. Mimpi itu yang memberikan saya kekuatan. Saya fokus pada impian. Hal yang juga saya tanamkan pada kedua anak saya, impianlah yang memberi kekuatan dan bisa mengubah masa depan,” tuturnya.

“Yang bisa membuat saya seperti sekarang ini adalah, pertama, asupan motivasi, berprasangka baik pikiran baik, selalu bisa melihat hal baik apapun keadaannya. Kedua, asupan gizi setiap hari. Ibu saya sejak kecil selalu mengingatkan untuk sarapan karena itu penting dan juga minum susu. Saya sangat bersyukur Ibu saya selalu mendisiplinkan dan memastikan asupan gizi yang baik. Saya juga ingin sampaikan bahwa berbagai pihak harus dapat terus mendukung kemajuan anak-anak Indonesia agar bisa memperjuangkan mimpi-mimpi mereka,” tuturnya lagi.

Melalui gerakan sosial ‘Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia’, SGM Eksplor telah berhasil memberikan dampak positif dan dukungan akses nutrisi, kesehatan, dan pendidikan kepada lebih dari 200.000 Anak Indonesia yang tersebar di hampir seluruh provinsi di Indonesia untuk mendukung kemajuan bangsa.

Dukungan  tersebut disalurkan dalam bentuk menyediakan paket donasi nutrisi untuk anak usia di atas 1 tahun, donasi paket beasiswa pendidikan, renovasi atau rehabilitasi infrastruktur sarana pendidikan, dan fasilitas pendukung yang memadai untuk mendukung pembelajaran jarak jauh (online).

SGM Eksplor juga menggandeng organisasi sosial yakni SOS Children’s Villages untuk mendukung penyaluran bantuan donasi agar bisa menjangkau anak-anak Indonesia yang membutuhkan di seluruh wilayah Indonesia.

“SGM Eksplor percaya bahwa dengan kolaborasi bersama, kita dapat mewujudkan generasi maju Indonesia. Sebab, cita-cita menuju Indonesia maju bisa tercapai dengan dukungan dan upaya kerja keras dari seluruh masyarakat, terutama melakukan dukungan terhadap nutrisi dan pendidikan untuk anak Indonesia. Melalui rangkaian inisiatif yang dilakukan melalui gerakan sosial ‘Tunjuk Tangan untuk Generasi Maju Indonesia’ diharapkan dapat ikut mendorong terciptanya generasi maju yang berkualitas dan berprestasi untuk kemajuan Indonesia di masa depan,” tutup Ibu Shiera.

Foto: Tangkapan Layar, Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *