Tahukah kamu, Kids, anak-anak yang sering sarapan di pagi hari, memiliki performa yang lebih baik dibandingkan mereka yang tidak sarapan, lho! Sayangnya, nih, data menunjukkan sebanyak 76 persen orang Indonesia yang sarapan di pagi hari, ternyata belum mengonsumsi menu makanan bergizi seimbang. Padahal, sarapan yang sehat harus memenuhi 15 – 30 persen kebutuhan gizi harian kita.

Awali Hari Baik

Menjawab kebutuhan akan pentingnya edukasi seputar sarapan sehat, produsen makanan dan minuman Nestlé Indonesia, meluncurkan kampanye ‘Awali Hari Baik dengan Nestlé’ serentak di 9 kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Medan, Palembang, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Balikpapan, Bitung, dan Makassar. Mereka juga menggelar pembagian sarapan gratis yang tersebar di sembilan kota besar di Indonesia hingga 5.000 porsi sarapan, dengan target memberikan edukasi kepada lebih dari 25.000 pengunjung. Hal ini sejalan dengan komitmen perusahaan untuk membantu 50 juta anak menjalani hidup yang lebih sehat pada tahun 2030.

Manajemen PT Nestlé Indonesia berfoto bersama para partisipan acara peluncuran kampanye ‘Awali Hari Baik dengan Nestlé’ di Taman Menteng, Jakarta (17/02) sebagai bagian dari perayaan Pekan Sarapan Nasional 2019. Kampanye ini dilakukan dengan tujuan memberikan edukasi seputar pentingnya sarapan sehat dengan gizi seimbang yang diimbangi dengan olahraga secara teratur melalui prinsip ABC (Atur-Baca-Cukupi)

Di Jakarta, peluncuran kampanye tersebut dilakukan di Taman Menteng pada hari Minggu (17/02/19) pagi sejak pukul 06.00 WIB hingga 10.00 WIB. Banyak aktivitas menarik dilakukan, mulai dari senam maumere dan zumba, bincang santai dengan Ahli Nutrisi, kreasi membuat sarapan sehat yang praktis, hingga beragam zona edukasi interaktif bagi para pengunjung.

Turut hadir pula pasangan selebriti Riafinola Ifani Sari (Nola Be3) dan Baldy Mulya Putra, beserta kedua anaknya, Bevan dan Neona.  Momen sarapan, bagi keluarga The Baldys, sekaligus sebagai ajang untuk semakin dekat dan akrab. Sang Mama, Nola, selalu berusaha untuk memberikan asupan gizi terbaik untuk anak-anaknya agar siap menjalani aktivitas dan fokus dalam kegiatan belajar.Namun, ada satu kendala yang ia alami. “Sering bingung, gimana caranya mengetahui apakah menu sarapan yang kita berikan sudah mencukupi kebutuhan gizi anak atau tidak,” katanya.

Pendekatan ABC

Nah, untuk membantu para ibu maupun masyarakat dalam menyediakan sarapan sehat bergizi seimbang, Nestlé Indonesia memperkenalkan prinsip ABC (Atur – Baca – Cukupi), yaitu :

  • Atur porsi dengan memastikan jumlah asupan makanan cukup (tidak berlebih dan tidak kurang) sehingga mendukung aktivitas setiap hari.
  • Baca label kemasan makanan untuk memperhatikan kandungan gizi dan cara penyajian. Ini penting agar masyarakat semakin paham akan produk yang mereka konsumsi dan dapat menikmati manfaat produk secara maksimal.
  • Cukupi asupan gizi yang sesuai dengan kebutuhan tubuh dengan mengonsumsi beragam jenis makanan.
Keluarga Baldys (Baldy, Neona, Bevan dan Nola) membuat kreasi sarapan sehat sesuai dengan prinsip ABC (Atur-Baca-Cukupi)

Perlu diketahui, kebutuhan gizi anak-anak dan dewasa berbeda. Aktivitas, juga berbeda. “Kebutuhan kalori orang dewasa sekitar 2000 kalori, sementara anak-anak sekitar 1300 – 1700 kalori. Gampangnya, kita ukur dengan porsi piring (mangkuk). Untuk porsi dewasa, setengah piring isi dengan buah-buahan dan sayur-sayuran, setengahnya lagi isi dengan karbohidrat dan protein,” jelas Ibu Eka Herdiana, Corporate Nutritionist Nestlé Indonesia.

Porsi Protein Lebih Banyak

Lantas, bagaimana porsi anak-anak? “Kalau untuk anak-anak, piring kita bagi 3, yang terdiri dari karbohidrat, sayur-sayuran/buah-buahan, dan protein. Kenapa berbeda? Karena anak-anak yang dalam masa pertumbuhan, membutuhkan komposisi protein lebih banyak dibandingkan orang dewasa,” katanya.

Ia berharap, pendekatan ABC yang sederhana dan mudah dipraktikkan di rumah, membuat lebih cermat dalam mengonsumsi sarapan yang tidak hanya lezat, tapi juga bernilai gizi seimbang sehingga dapat memenuhi kebutuhan gizi hariannya dengan baik.

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *