Biasanya, laba-laba berwarna gelap, besar, dan menakutkan, ya, Kids. Tapi, laba-laba yang satu ini bisa membuat kalian terpesona dengan keindahan dan keunikannya. Kenalan dengan laba-laba merak, yuk!

Laba-laba Merak atau disebut juga Peacock Spider, termasuk dalam kategori laba-laba pelompat. Si laba-laba warna-warni ini sering ditemukan di sekitar pantai Perth Australia Barat, Queensland, dan New South Wales.

Seujung Kuku
Laba-laba dengan nama latin Maratus Volans ini memiliki ukuran seujung kuku orang dewasa, yaitu antara 4—5 milimeter. Ketika masih muda, warna laba-laba ini cokelat dan hitam. Nah, uniknya ketika tumbuh dewasa, bagian perut laba-laba jantan akan berubah menjadi warna-warni. Adapun, laba-laba betina tidak mengalami perubahan warna.

Menari
Ketika musim kawin tiba, para laba-laba jantan akan menari untuk menarik perhatian betina. Para laba-laba betina pun akan memilih berdasarkan warna dan gerakan pejantan mana yang terlihat sehat dan baik.

Laba-laba super mini ini ditemukan pada akhir abad ke-19 oleh Octavius Pickard. Binatang unik yang mungil ini sanggup melihat mangsanya hingga jarak 20 cm. Mereka juga mampu melompat hingga 40 kali tinggi tubuhnya, Kids. Lucu, ya?

 

Teks: JFK     Ilustrasi: JFK

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *