Kunang-kunang, hewan yang nampak berkerlap-kerlip pada malam hari, ternyata juga ada di laut. Binatang kecil ini bila bergerombol akan membuat terang beberapa lokasi yang mereka lewati. Penasaran melihat binatang unik ini?

Kamu pasti pernah melihat ada hewan yang seperti memiliki lampu di tubuhnya. Hewan tersebut kecil dan bisa terbang kesana kemari. Ya, betul, namanya kunang-kunang. Tapi kamu pasti belum tahu bahwa ternyata kunang-kunang juga ada di laut.
Walaupun namanya sama kunang-kunang dan juga bisa menyala di malam hari, tapi kunang-kunang di laut dan di darat sangatlah berbeda. Baik itu ukuran maupun bentuknya.
Jika kunang-kunang di darat bentuknya seperti serangga kecil, kunang-kunang di laut bentuknya seperti udang-udangan. Ukuran kunang-kunang laut juga lebih kecil bila dibandingkan dengan kunang-kunang darat. Selain itu, warna cahaya yang dipancarkan pun berbeda. Jika kunang-kunang darat memancarkan cahaya berwarna kuning kemerahan, lain halnya dengan kunang-kunang laut yang memancarkan cahaya berwarna biru.

Makanan Ikan
Kunang-kunang laut atau kunang-kunang air disebut juga Ostracoda atau Umi Hotaru (Jepang). Mereka termasuk dalam keluarga udang-udangan tingkat rendah (Entomostraca). Umumnya mereka juga merupakan penyusun zooplankton yang melayang-melayang di dalam laut, berfungsi sebagai makanan ikan.
Ada dua jenis kunang-kunang laut yang terkenal dapat mengeluarkan cahaya biru, yaitu: Vargula hilgendorfii dan Cypridina hilgendorfii. Kalau kamu ingin melihatnya, harus dilihat secara jeli oleh mata telanjang karena ukurannya yang sangat mini yaitu hanya 2,9 mm – 3,5 mm.

Alat Komunikasi
Kunang-kunang laut mengeluarkan cahayanya pada malam hari dengan cara berputar-putar seperti gangsing. Cahaya yang dikeluarkan merupakan isyarat atau komunikasi sesama kunang-kunang. Misalnya, untuk menarik pasangan, terancam oleh pemangsa, dan perubahan kondisi air laut tempat mereka hidup.
Untuk diketahui, pada perang dunia kedua, cahaya biru yang dikeluarkan oleh binatang ini, dimanfaatkan oleh tentara Jepang untuk membaca pesan dan peta pada malam hari.

You may also like
Latest Posts from

1 Comment

  1. terima kasih sudah berbagi min
    krennn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *