Kuda Lumping adalah nama sebuah tarian tradisional dari Jawa yang juga sering disebut dengan Jaran Kepang atau Jathilan. Tarian ini menggunakan kuda yang terbuat dari bambu kemudian dianyam dan dipotong menyerupai bentuk kuda. Lalu anyaman kuda ini dihias dengan cat dan kain beraneka warna.

Tarian Kuda Lumping biasanya tak hanya menampilkan adegan prajurit berkuda, akan tetapi juga menyuguhkan atraksi kesurupan, kekebalan, dan kekuatan olah kanuragan seperti makan beling ataupun kekebalan tubuh seperti berjalan di atas bara, berguling-guling di tanah, dan lain sebagainya.

 

Diiringi Musik

Saat melakukan atraksi Kuda Lumping biasanya diiringi dengan musik gamelan dan lecutan cambuk yang suaranya sangat keras. Umumnya ketika mendengar lecutan, Kuda Lumping akan makin galak dan kuat. Suara itu baginya adalah dukungan semangat.

Atraksi Kuda Lumping bisa kita jumpai di tanah Jawa. Di Jawa Timur, seni ini akrab dengan masyarakat di beberapa daerah seperti Malang, Nganjuk, Tulungagung, dan daerah-daerah lainnya.

Tarian ini biasanya ditampilkan pada acara-acara tertentu seperti menyambut tamu kehormatan, dan sebagai ucapan syukur atas hajat yang dikabulkan oleh Yang Maha Kuasa.

 

Makna Perjuangan

Kuda Lumping sebenarnya adalah tarian yang merupakan bentuk apresiasi dan dukungan rakyat jelata terhadap pasukan berkuda Pangeran Diponegoro dalam menghadapi penjajah Belanda.

Ada pula yang menyebutkan bahwa tarian Kuda Lumping menggambarkan kisah perjuangan Raden Patah, melawan penjajah.

Versi lain menyebutkan bahwa, tarian ini mengisahkan tentang latihan perang pasukan Mataram yang dipimpin Sultan Hamengku Buwono I, Raja Mataram, untuk menghadapi pasukan Belanda.

Terlepas dari asal usul di atas, tarian Kuda Lumping menunjukkan semangat heroisme sebuah pasukan berkuda atau kavaleri. Hal ini terlihat dari gerakan-gerakan yang punya irama, dinamis, dan agresif, melalui kibasan anyaman bambu, menirukan gerakan layaknya seekor kuda di tengah peperangan.

 

 

Teks: JFK      Foto: Istimewa

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *