Tanya: Salam kenal, namaku Bening, saat ini usiaku 7 tahun. Aku punya hewan peliharaan kucing, namanya Otat. Saat ini Otat lagi pilek, hidungnya berair, dan juga bersin-bersin. Sejak Otat sakit, Mama melarangku memegang dan bermain bersama. Kalau kucing sedang sakit, apakah penyakitnya bisa menular ke manusia? Terima kasih. Bening, Kelas 2 – Depok

Jawaban dokter Caessar:
Memang ada beberapa penyakit yang dapat ditularkan dari kucing ke manusia. Namun, jumlahnya hanya sedikit, dan sebagian besar bukanlah penyakit yang berbahaya. Contohnya adalah; Toksoplasmosis (Toksoplasma merupakan parasit yang berkembang biak di usus kucing. Apabila di dalam kotoran kucing terdapat telur toksoplasma, maka penularan kepada manusia dapat terjadi melalui kontak dengan kotoran tersebut. Segeralah mencuci tangan apabila terkena kotoran tersebut, ya)
Rabies (Kucing yang terinfeksi oleh virus rabies dapat menularkannya kepada manusia melalui gigitan. Virus rabies lebih sering ditemukan pada anjing dibandingkan kucing. Vaksin rabies dapat mencegah terjadinya penyakit ini.)
Cat scratch disease (Penyakit yang disebabkan oleh bakteri bartonella dan ditularkan kepada manusia melalui luka cakaran kucing. Gejalanya berupa ruam merah di sekitar luka, demam, dan nyeri kepala.) Selain itu, infeksi cacing juga dapat ditularkan dari kucing kepada manusia, dan bisa dicegah dengan pemberian obat cacing.
Bagaimana dengan pilek atau flu pada kucing? Virus yang menyebabkan pilek pada kucing tidak dapat menular kepada manusia. Untuk menghindari penyakit-penyakit yang dapat ditularkan dari kucing, maka hindari kontak langsung kulit dengan kotoran kucing maupun kotak pasirnya, cuci tangan setiap selesai kontak dengan kucing, jangan bermain terlalu kasar sehingga memicu cakaran kucing, dan berikan obat cacing secara teratur untuk kucing kamu, ya. Semoga Bening dan Otat sehat selalu, ya.

Konsultan: 

dr. Caessar Pronocitro, Sp. A, M.Sc
Dokter Spesialis Anak
RS Pondok Indah – Bintaro Jaya

(Ilustrasi : Agung)

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *