Tidak makan dan minum selama kurang lebih 12 jam tentunya bukan hal yang mudah, ya, Kids. Nah, supaya kamu kuat puasanya selama 30 hari, ikuti saja tips versi Just For Kids berikut ini;

Makan Sahur

Apa yang kita makan saat sahur akan disimpan oleh tubuh secara perlahan-lahan untuk kebutuhan nutrisi dari pagi hingga sore hari. Jadi, makan sahur itu penting agar kita tidak mudah lemas pada siang harinya.

—-

Perbanyak Minum

Usahakan minum air dengan jumlah yang sama seperti saat kita tidak puasa agar tubuh tidak dehidrasi (kekurangan cairan). Kebutuhan tubuh mengonsumsi cairan 1,5–2 liter per hari. Maka kita membaginya saat berbuka puasa, minum 2-4 gelas. Saat makan malam, minum 1-2 gelas, dan saat sahur minum lagi 2 gelas.

—-

Gizi Seimbang

Makanlah nasi, sayur, lauk, dan buah, agar nutrisi kita tetap terpenuhi walaupun kita berpuasa.

—-

Makan Secukupnya

Jangan lupa diri saat berbuka, karena perut kita akan kesulitan mencernanya dan bisa menyebabkan kembung.

—-

Kurangi Minyak dan Pedas

Makanan berminyak dan pedas, bisa menyebabkan ketidakseimbangan nutrisi dalam tubuh. Akibatnya, sariawan, panas dalam, flu, dan lain-lain. Hindari juga makanan dan minuman yang mengandung gula berlebih, ya, Kids.

—–

Istirahat Cukup

Siang hari kalau tidak ada kegiatan, lebih baik kamu beristirahat, Kids, supaya menghemat energi.

—-

Olahraga

Tetaplah berolahraga agar tubuh kita tetap bugar. Namun, jangan berlebihan agar tubuh tidak dehidrasi. Sebaiknya, olahraga dilakukan saat sore hari menjelang berbuka.

 

 

 

 

Teks: JFK    Foto: Istimewa

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *