Rita dan Enni adalah sahabat yang memiliki impian untuk pergi ke tempat di mana mereka percaya peri berada, Skotlandia. Suatu sore setelah bel pulang berbunyi, Rita mencari sahabatnya, Enni, di perpustakaan sekolah. Akan tetapi, sesampainya di sana, Enni tidak ada. Dari ruang Ibu Asti, penjaga perpustakaan, terdengar suara dan Rita melihat Ibu Asti menyerahkan sebuah buku besar kepada Enni. “Rita! Kau mencariku? Ibu Asti meminjamkanku buku baru mengenai Skotlandia,” kata Enni ketika melihat Rita. “Skotlandia? Ayo kita lihat!” seru Rita bersemangat.

Buku besar tentang Skotlandia itu dipenuhi dengan foto pemandangan yang indah. “Cantik sekali pemandangan alam di Skotlandia. Banyak legenda tentang peri di sana!” kata Enni. “Andai saja kita bisa pergi ke Skotlandia,” ucap Rita sedih. “Pasti bisa, Rita! Kita tidak boleh berhenti bermimpi!” seru Enni dengan penuh semangat. Rita dan Enni pun berjanji suatu saat akan pergi ke Skotlandia.

Beberapa bulan kemudian, Enni mengabarkan bahwa dia akan pergi berlibur bersama orangtuanya ke Skotlandia. “Enni, kau ingat kotak makan yang kita beli bersama?” tanya Rita. “Tentu saja! Kotak makan sahabat! Kita menggunakannya bergantian,” jawab Enni. Rita menyerahkan kotak makan berwarna  biru itu ke Enni. “Bawalah kotak makan ini, siapa tahu nanti aku juga bisa pergi ke sana,” kata Rita. Enni mengangguk sambil tersenyum.

Setelah Enni berangkat ke Skotlandia, setiap hari Rita menerima kiriman foto-foto indah dari sahabatnya itu. Suatu hari, Rita menerima foto Enni dan sebuah pohon besar dengan buah berwarna merah. Enni berdiri di depan pohon itu sambil membawa kotak makan sahabat. Di bawah foto, Enni menulis, ‘Rita, pohon di belakangku namanya Pohon Rowan. Menurut legenda, pohon ini disukai para peri!’ Rita tersenyum dan membayangkan kalau para peri sedang memberikan sihir pada kotak makan itu dan berharap dirinya juga bisa berada di sana.

Setelah Enni pulang, ia menyerahkan kotak makan sahabat kepada Rita. Rita membuka tutup kotak makan dan melihat wadah kaca kecil diikat dengan pita yang cantik. “Bagusnya. Terima kasih, Enni!” kata Rita senang. Isi wadah kaca itu adalah jelly dari buah rowan yang biasa dioles ke roti.

Rita merasa sedih karena tak bisa pergi ke Skotlandia. Namun, setiap kali makan bekal roti yang diolesi jelly rowan dan dibawa dengan kotak makan sahabat, semangatnya timbul kembali. Suatu hari, Rita melihat kuis berhadiah perjalanan ke Skotlandia di internet. Ia pun mencoba mengikutinya.

Sebulan kemudian, Rita berangkat pagi-pagi ke sekolah. Dia tersenyum senang sambil makan roti isi jelly rowan yang dibawa dengan kotak makan sahabat. “Rita, kau terlihat senang. Ada apa?” tanya Enni ketika dia datang. “Aku menang kuis berhadiah ke Skotlandia. Minggu depan aku dan orangtuaku akan berangkat ke sana!” seru Rita bahagia. “Oh Rita, hebat sekali!” sahut Enni sambil memeluk Rita.

Ketika berada di Skotlandia, Rita mengirimkan fotonya yang sedang membawa kotak makan sahabat di depan pohon rowan yang sama dengan yang ada di foto Enni. Enni pun tersenyum bahagia melihatnya.

Cerita: Seruni    Ilustrasi: JFK

 

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *