Kota-Kota yang Pernah Hilang

Sebuah kota dikatakan hilang karena ditinggalkan begitu saja oleh penduduknya setelah sekian lama dihuni. Ditinggalkannya kota-kota itu bisa dikarenakan adanya peperangan ataupun bencana alam.

Dan kini, kota-kota itu berhasil ditemukan kembali. Kota-kota yang pernah hilang itu, menjadi warisan budaya dunia yang dilindungi oleh UNESCO (lembaga dunia yang mengurusi pendidikan, pengetahuan, dan budaya). Mau tahu kota-kota apa saja yang pernah hilang? Yuk, kita telusuri!

Atlantis

Oleh Plato, Atlantis digambarkan sebagai sebuah kota yang memiliki peradaban maju dan kekuatan armada laut yang tangguh. Sebelum tenggelam ke dalam lautan, Atlantis telah berhasil menaklukan sebagian besar wilayah Eropa.

Patagonia

Dikenal juga dengan “The City of Caesars” atau Kota para Kaisar. Kota mitos ini diyakini ada di ujung selatan Amerika Selatan. Namun hingga saat ini, kota tersebut belum pernah ditemukan dan masih dianggap legenda.

Troy

Kota ini berada di Turki. Tahun 1870-an dilakukan penggalian dan ditemukan banyak reruntuhan bangunan ber-arsitektur modern di zamannya.

The Lost City of Z

Berada jauh di pedalaman hutan Brasil (hutan Amazon). Sudah memiliki peradaban yang sangat maju. Terbukti ditemukannya peninggalan alat-alat canggih. Seperti jaringan canggih jembatan, jalan, dan kuil.

Petra

Berada di Yordania. Dianggap sebagai kota yang paling indah karena ditemukan arsitektur indah batu-batuan. Ditemukan juga kemajuan teknologi seperti bendungan dan waduk.

Palmyra

Dulunya adalah sebuah kota penting di Syria. Merupakan kerajaan terkenal dan makmur di zamannya yaitu abad 2 SM.

El Dorado

Kota hilang yang paling dicari karena dikenal dengan kota emas. Diperkirakan berada di hutan Amerika Selatan. Konon kota ini dipimpin seorang raja yang kuat dengan kekayaan emasnya yang tak terhingga.

Memphis

Ibu kota Mesir kuno yang pernah menjadi pusat administrasi peradaban. Di bekas wilayah kota ini, banyak ditemukan reruntuhan bangunan Mesir kuno. Ditemukan juga piramida peninggalan Firaun.

Pompeii

Kota ini hancur setelah Gunung Vesuvius meletus di dekatnya, dan mengubur seluruh kota. Ditemukan peninggalan sejarah berupa mayat-mayat yang menjadi batu.

Palenque

Kota peninggalan bersejarah suku Maya yang berlokasi di kaki gunung Tumbala, Chiapas, Mexico. Kota ini tidak terlalu besar tetapi memiliki bangunan-bangunan ber-arsitektur indah, patung-patung, dan ukir-ukiran yang dibuat oleh suku Maya.

Vijayanagar

Sebuah kerajaan India, berada di Deccan, India Selatan. Ditemukan oleh Harihara (Hakka) dan saudaranya Bukka Raya. Kerajaan ini berdiri mulai tahun 1336 dan berakhir pada tahun 1660.

Ephesus

Kota yang dulunya membentang sepanjang 3 km di bagian selatan kota Selcuk, provinsi Izmir, Turki. Merupakan pusat perdagangan dan pusat agama Kristen sampai sekarang. Reruntuhan Ephesus merupakan salah satu objek wisata favorit.

Sanchi

Kota ini menandakan zaman keemasan Budha. Yang paling terkenal adalah Stupa 1, dibangun Raja Mauryan. Berisi ukiran yang bercerita sejarah agama Budha.

Machu Pichu

Berada di dekat Lembah Urubamba, Peru. Banyak peninggalan reruntuhan kuno yang sering disebut sebagai kuil Machu Pichu. Membuktikan betapa tingginya peradaban pada saat itu.

Angkor

Berada di Kamboja. Ditemukan jejeran bangunan kota pra-industri terbesar dan pusat spiritual terkenal di dunia. Kota ini ditinggalkan penduduknya ketika Kerajaan Ayutthaya menyerbu ibu kota Khmer pada tahun 1431. Pada tahun 2007, kota ini terlihat dari proses pemotretan satelit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *