Walau merupakan video singkat dengan durasi maksimal 60 detik atau 1 menit, tak membatasi pengguna TikTok untuk menuangkan imajinasi dan mengekspresikan kreativitasnya, termasuk berbagi pengetahuan. Bahkan, konten edukasi menjadi salah satu dari konten paling populer di aplikasi TikTok sejak akhir tahun lalu.

“Kalau dulu, TikTok banyak diisi dengan hal-hal yang viral, tapi sekarang mulai bergeser. Bicara soal konten, yang menjadi 5 daftar teratas konten video pendek paling digemari adalah komedi, konten edukasi, tantangan (challenge), makanan lalu fitness and health. Dan, konten edukasi berada di urutan 2 atau 3. Ini menunjukkan keberagaman konten yang dikemas dalam video pendek di TikTok bisa membuat audience belajar di mana saja dan kapan saja. Bahkan, video dengan hashtag #sama-sama belajar telah ditonton 17 Miliar per hari ini,” buka Angga Anugrah Putra, Head of User and Content Operations TikTok pada konferensi pers virtual siang tadi (29/07).

Ya, berdasarkan riset berjudul “What You Watched in a Day”, ada dua alasan terbesar mengonsumsi video singkat, yakni untuk mempelajari hal baru dan menggali minat diri. Hal ini sangat disetujui oleh Indra Aziz,  Vocal Coach dan Jasson Iskandar, Movie Director. Keduanya, sangat aktif membagi ilmu sesuai dengan bidang yang mereka kuasai.

Indra Aziz yang sering membagi video tutorial pelatihan vokal mengakui bahwa format interaktif dengan durasi yang singkat mampu memberikan wadah baginya untuk terkoneksi dengan generasi muda yang gemar berkreasi dan juga membutuhkan informasi yang ringkas. “Selama puluhan tahun saya mengajar vokal, semakin muda generasinya memang semakin tidak ingin mendengar terlalu banyak teori. Mereka lebih senang yang to-the-point dan langsung terjun mencobanya,” kata Indra.

Angga Anugrah Putra, Head of User and Content Operations TikTok menjelaskan kompetisi #BerbagiSkill

Video-nya pun banyak mendapatkan respons duet dari pengguna lainnya, yang menunjukkan bagaimana mereka langsung mempraktikkan tips yang ia berikan, seperti mengenai beatboxing dan pernapasan vokal. “Dengan durasi maksimal yang cuma 1 menit, merupakan tantangan bagi saya bagaimana bisa menyampaikan suatu topik sejelas dan sesingkat mungkin,” katanya.

Hal serupa dirasakan oleh Jason Iskandar, sutradara film singkat pemenang penghargaan dan juga pendiri Studio Antelope. Ia melihat potensi video singkat sebagai bentuk kreativitas baru di industri film. “Video singkat di TikTok bisa menjadi wahana belajar yang praktis. Kalau dulu saya belajar, misalnya, harus baca buku literatur bahasa Inggris karena yang bahasa Indonesia masih jarang, terus cari-cari informasi di internet, msialnya. Banyak banget yang perlu dipelajari, dan ribet. Dengan video pendek, ilmu itu bisa dipersingkat menjadi 1 menit. Bisa dibilang, video singkat di TikTok ini sebagai intro bagi mereka yang menonton. Jadi, konsep besarnya mereka paham dulu dan tertarik. Setelah itu baru mencari tahu lebih dalam lagi pada sumber informasi lain, seperti buku, internet, dan sebagainya,” ujarnya.

Nah, ada kabar baik yang pasti disuka oleh kalangan milenial seperti Moms dan Dads, maupun generasi Z yang berusia minimal 17 tahun. Sebab, setelah mengadakan kompetisi #BerbagiIlmu yang mendapat antusiasme tinggi, kini TikTok kembali mengadakan kompetisi serupa bertajuk #BerbagiSkill yang telah dibuka pada 21 Juli dan akan berakhir pada 31 Juli 2020. Lalu dilanjutkan dengan kompetisi #BerbagiFakta yang akan dimulai pada 11 Agustus hingga 28 Agustus 2020.

Melalui kompetisi #BerbagiSkill, semua pengguna berkesempatan untuk berbagi tips berkaitan dengan sains, teknologi, tutorial DIY dan life hack (trik sederhana atau ide kreatif) untuk masalah yang sering dijumpai sehari-hari. Sementara di #BerbagiFakta, pengguna TikTok dapat membagikan video tentang  pengetahuan umum seputar profesinya, seperti yang dilakukan Indra Aziz dan Jason Iskandar,  atau konten seputar motivasi, bisnis, dan fakta menarik.

Pastikan video yang diunggah berdurasi 15-60 detik tentang tips dan tutorial, life hack, dan sains teknologi untuk #BerbagiSkill, atau pun pengetahuan umum, motivasi, bisnis, atau fakta menarik untuk #BerbagiFakta. Pengguna disarankan untuk memanfaatkan berbagai fitur di TikTok, serta menambahkan tagar #SamaSamaBelajar dan #BerbagiSkill atau #BerbagiFakta. Akan ada total hadiah senilai Rp 150 juta masing-masing untuk pemenang kompetisi #BerbagiSkill dan #BerbagiFakta dan juga beberapa hadiah menarik lainnya.

Nah, Moms dan Dads, tunggu apalagi? Yuks ikutan!

(Photo Capture: Efa)

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *