Cussons Kids kembali mengumumkan pemenang kompetisi aplikasi berbasis online Cussons Kids Play (CKPlay) Chapter 2 periode bermain Agustus 2021-Oktober 2021. Kompetisi ini sendiri sudah berlangsung sejak aplikasi diluncurkan pada Desember 2020 lalu dan dibagi menjadi beberapa periode permainan di sepanjang tahun ini.

CKPlay merupakan aplikasi yang ditujukan untuk anak-anak usia 4 hingga 8 tahun. Aplikasi ini telah dirancang secara menyeluruh untuk merangsang imajinasi anak-anak serta memberdayakan interaksi dan memperkuat ikatan antara orangtua dan anak.

Cussons Kids menyadari dan memahami bahwa bermain adalah salah satu cara terbaik bagi anak-anak untuk belajar. Beragam kegiatan bermain sudah terbukti dapat membangun ketahanan, mengurangi stress, dan kecemasan serta memperkuat ikatan dan hubungan keluarga.

Selama setahun berlangsung,CKPlay menerima antusiasme yang sangat membanggakan dari publik. Dan kini telah diumumkan pemenang dari kompetisi permainan masing-masing sub-game dari CKPlay yaitu “Amazing Race Through Time With HotWheels” dan “Rainbow Castle Adventure”. Pemenang dari kompetisi ini adalah mereka yang berhasil mengumpulkan skor tertinggi dari masing-masing sub-game tersebut.

Pada kesempatan ini telah diumumkan masing-masing 10 pemenang untuk masing-masing sub-game yang dipertandingkan. Sehingga totalnya ada 20 orang pemenang. Pemenang utama dari kompetisi ini akan mendapatkan tabungan pendidikan sebanyak 20 juta rupiah dan juga masih ada beragam hadiah seperti laptop, smartphone, logam mulya, dan beragam hadiah menarik lainnya.

Psikolog Roslina Verauli, M.Psi., Psi. bercerita, “Permainan seperti Cussons Kids Play pada dasarnya dapat menjadi media bagi orangtua untuk dapat memasuki dunia anak dalam cara yang dipahami dan disukai anak. Relasi orangtua dan anak yang positif menjadi landasan bagi anak untuk kelak membina relasi interpersonal yang juga positif bersama orang lain di sekitarnya. Meluangkan waktu untuk bermain bersama anak juga dapat membentuk bonding dan hubungan yang lebih erat antara orangtua dan anak serta anak akan merasa berharga, dicintai, dan diperhatikan oleh orangtua. Lebih menarik, melalui kegiatan bermain bersama, orangtua memiliki pemahaman yang lebih baik tentang anak, terutama terkait profil strengths dan weaknesses anak. Bahkan menjadi momen bagi orang tua untuk mulai mengenali minat dan bakat anak. Dunia kanak-kanak memang sepatutnya diwarnai dengan beragam permainan yang dapat mengasah imajinasi, kreativitas, dan seluruh aspek tumbuh kembangnya. Anak dapat dengan bebas menggunakan imajinasi mereka sekreatif mungkin namun idealnya tetap dengan pantauan orangtua. Hal ini dikarenakan anak terkadang belum mengerti apakah setiap permainan yang dimainkan baik dan tidak membahayakan serta bisa dimainkan oleh anak seusianya. Dengan melibatkan diri dalam permainan anak juga ternyata banyak manfaat yang akan didapatkan bagi orangtua.”

“Disadari atau tidak, ketika orangtua bermain bersama anak, akan meningkatkan hormon oksitosin atau hormon bahagia pada orangtua. Ya, bukan hanya si kecil, orangtua pun bisa mendapatkan manfaat yang sangat baik dari kegiatan bermain bersama. Hormon oksitosin pada orangtua meningkat saat menyentuh dan tertawa bersama anak. Tentu saja, ini sangat menyenangkan, ” lanjut Ibu Verauli.

Selain itu, kemampuan untuk bermain atau mengerjakan sesuatu dalam sebuah kelompok atau tim juga akan memudahkan anak di kemudian hari. Ketika nanti anak beranjak dewasa, kemampuannya bekerja secara tim sangat dibutuhkan. Hal ini dapat dilatih sejak dini dengan melakukan permainan bersama dengan orangtua maupun anggota keluarga lain. Melalui aktivitas bermain bersama, bisa melatih kemampuan kerja tim si Kecil. Selain itu, anak juga akan belajar mengatur emosinya untuk tidak egois dan bertindak sesuka hati. Hal ini dikarenakan apa yang ia lakukan dapat berefek pada orang lain. Melalui kemampuan kerja tim, secara tidak langsung anak juga belajar tentang bersosialisasi. Diharapkan dengan melakukan permainan keluarga, anak dapat terhindar dari masalah kesulitan bersosialisasi nantinya di masa depan. Hal tersebut juga dibuktikan melalui kegiatan “Cussons Kids Play Match”.

Pada kesempatan ini Dad Sahil Mulachela, content creator, beserta anaknya Muhammad Mulachela berpartisipasi dalam “Cussons Kids Play Match” dimana Dad Sahil bercerita, “Bermain bersama Muhammad adalah cara saya untuk berinteraksi pada tahap yang lebih emosional dan membangun koneksi bersamanya. Kami sering beraktivitas bersama tetapi hal-hal yang kami bahas ketika bermain permainan seperti CKPlay ini cukup beragam; dimulai dari perihal strategi, perasaan, dan emosi anak ketika kalah dan menang dan juga perihal minat dan ketertarikannya kepada sebuah permainan. Muhammad jadi tidak pernah sungkan bercerita dan berbagi kisah dengan saya. Terbukti hari ini, ketika bermain kami banyak berinteraksi dimulai tentang perasaan, pikiran, dan juga
ledekan-ledekan dan interaksi seru diantara kita berdua. Bagi saya, momen seperti ini sangat membekas dan harapannya begitupun dengan dia”.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *