Menyambut akhir tahun 2020, PT Johnson & Johnson Indonesia (Johnson & Johnson Indonesia) mengadakan acara Year End Media Gathering yang dilakukan secara daring (online) melalui platform digital. Adapun tujuan dari inisiatif ini untuk menyoroti komitmen Johnson & Johnson Indonesia yang berkesinambungan dalam mendukung pemerintah untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia sekaligus bentuk terima kasih dan apresiasi terhadap rekan-rekan media atas dukungan yang diberikan sepanjang tahun 2020.

Sebagaimana tertuang pada nilai-nilai perusahaannya, Our Credo, Johnson & Johnson bertanggung jawab atas pasien, dokter, ibu, ayah, karyawan, dan komunitas. Untuk mencapai tujuan tersebut, Johnson & Johnson tentunya tidak dapat berjalan sendiri dalam melakukannya. Media, baik cetak maupun non-cetak, merupakan salah satu mitra penting Johnson & Johnson Indonesia dalam berbagai inisiatif dan upaya mengedukasi masyarakat Indonesia sekaligus memiliki peran yang sangat penting.

Kerja sama antara Johnson & Johnson dan rekan-rekan media diharapkan terus terjalin untuk saling berkolaborasi dan terus menjalin hubungan yang baik dalam memberikan informasi perusahaan yang relevan serta akurat kepada masyarakat tentang kesehatan dan kesejahteraan hidup.

Sawan Malik, Presiden Direktur PT Johnson & Johnson Indonesia mengungkapkan, “Sebagai salah satu perusahaan perawatan kesehatan terbesar di dunia, Johnson & Johnson berkomitmen untuk terus meningkatkan akses dan keterjangkauan, menciptakan komunitas yang lebih sehat, pikiran yang sehat, tubuh dan lingkungan yang sehat untuk siapapun dan dimanapun. Untuk menyelaraskan dan membantu meneruskan komitmen kami tersebut, tentunya tidak terlepas dari adanya peranan para pemangku kepentingan, salah satunya adalah media. Dengan adanya dukungan penuh dan berkelanjutan oleh rekan-rekan media, banyak hal positif dan edukatif yang dapat diteruskan ke masyarakat luas, yang pada akhirnya dapat mendukung dalam mencapai tujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia.”

Sepanjang tahun ini, Johnson & Johnson Indonesia masih terus menempatkan komitmennya yang berbasis Our Credo perusahaan untuk mendukung keselamatan, kesehatan, dan kesejahteraan karyawan serta keluarga mereka, dan komunitas, terlebih selama krisis kesehatan saat ini. Komitmen Johnson & Johnson Indonesia ditunjukkan melalui sejumlah inisiatif, baik inisiatif korporat maupun brand produk konsumennya, seperti program A First Jobbers Guide to Job Hunting, TOSS TBC Virtual Run, peluncuran Neutrogena Hydro Boost, Telemedicine for Mental Health Patients dalam sejumlah rangkaian webinar selama pandemi, dan berbagai inisiatif lainnya.

Devy Yheanne, Country Leader of Communications and Public Affairs, PT Johnson & Johnson Indonesia mengungkapkan, “PT Johnson & Johnson Indonesia mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh banyak pihak, para pemangku kepentingan –termasuk para media –sehingga kami dapat terus menjalankan komitmen kami sejalan dengan nilai-nilai perusahaan, Our Credo, untuk membawa dampak positif bagi kehidupan serta kesehatan masyarakat di Indonesia. Apresiasi yang diperoleh ini tentu menjadi kebanggaan, sekaligus tantangan kedepannya untuk terus meningkatkan kualitas layanan serta kualitas produk bagi para pasien, dokter, ayah, ibu, perusahaan, dan komunitas.”

Pada kesempatan ini, Johnson & Johnson Indonesia mengajak masyarakat Indonesia untuk melakukan kilas balik terhadap komitmennya dan berbagai aksi nyata yang telah dilakukan perusahaan dalam upaya mendukung pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kesehatan masyarakat Indonesia. Berbagai inisiatif tersebut juga melibatkan kerjasama dengan sejumlah mitra dari berbagai pihak seperti para tenaga kesehatan, karyawan, komunitas, serta para pemangku kepentingan lainnya. Adapun kegiatan yang telah diinisiasi oleh Johnson & Johnson Indonesia adalah:

  • Melalui salah satu produk unggulannya, JOHNSON’S® mengadakan Johnson’s Expert Class yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat Indonesia mengenai kesehatan anak, dan ibu, terutama selama pandemi. Kegiatan ini dilakukan secara daring melalui Facebook Live dan menghadirkan key opinion leader serta tenaga kesehatan sebagai narasumber dari sesi edukasi tersebut
  • Sebagai salah satu brand mouthwash yang dikenal oleh masyarakat luas Listerine® menginisiasi rangkaian kegiatan edukasi selama masa pandemi yang dilakukan melalui Facebook Live. Pada tahun yang sama (2020), Listerine® juga berkolaborasi dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) untuk melaksanakan kampanye publik mengenai edukasi adaptasi kebiasaan baru untuk kesehatan gigi & mulut dengan menggunakan obat kumur (mouthwash) antiseptik yang juga dilakukan secara daring.
  • Untuk pertama kalinya di Indonesia, rangkaian produk Neutrogena, termasuk Neutrogena Hydro Boost diluncurkan dan diperkenalkan ke seluruh masyarakat Indonesia secara daring melaui platform digital.
  • Bersama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonsia, Johnson & Johnson Indonesia menginisiasi kampanye sosialisasi TBC yang melibatkan peran serta masyarakat dan khalayak sasaran usia produktif dalam kegiatan TOSS TBC Virtual Run yang diadakan pada tanggal 16 –31 Agustus 2020. Kegiatan ini merupakan bagian dari gerakan sosialisasi publik Ayo TOSS TBC (Temukan Tuberkulosis Obati TBC Sampai Sembuh) yang mengajak masyarakat untuk mengambil bagian dan berperan aktif mendukung pencegahan dan penanggulangan penyakit TBC dan TBC RO di Indonesia, salah satunya dengan berolahraga. Disamping itu, Johnson & Johnson Indonesia juga menyalurkan hasil dari kepesertaan kegiatan ini sebagai donasi kepada Perhimpunan Organisasi Pasien TBC (POP TB) untuk mendukung aksi nyata penanggulangan TBC di Indonesia.
  • Sebagai salah satu fokusnya, disepanjang tahun 2020 Johnson & Johnson Indonesia juga melakukan rangkaian kegiatan edukasi kesehatan jiwa (mental health) yang melibatkan baik masyarakat awam maupun para tenaga kesehatan di Indonesia. Kegiatan edukasi kesehatan jiwa ini juga dilakukan secara daring dan meliputi berbagai topik seperti Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD), skizofrenia, bipolar, cabin fever, epilepsi, dan telemedicine bagi pasien dengan gangguan jiwa selama masa pandemi.
  • Dalam situasi yang menantang yang disebabkan pandemi global COVID-19, Johnson & Johnson juga turut memenuhi kebutuhan vital masyarakat di seluruh dunia, termasuk menjaga lebih dari 130.000 karyawannya di seluruh dunia agar tetap aman, sehat, dan produktif. Di awal masa pandemi, grup global perusahaan juga menyediakan 600.000 buah masker bedah dan 200-unit termometer untuk distribusi darurat di kawasan Asia Pasifik.
  • Sejalan dengan kepercayaannya, Our Credo, Johnson & Johnson Indonesia juga turut berpartisipasi dalam melakukan berbagai upaya untuk membantu masyarakat dan/atau komunitas dalam masa-masa sulit yang disebabkan oleh pandemi global COVID-19.
  • Melalui Global Community Impact dan dalam rangka World Mental Health Day, World Sight Day, dan Universal Children’s Day, Johnson & Johnson Indoensia menggandeng Indonesia Mengajar (IM) sebagai mitranya dalam mengadakan kegiatan edukasi bertemakan “Berbagi Pesan #darirumahaja”. Dengan tujuan untuk mengedukasi seluruh anak –anak di Indonesia mengenai menjaga kesehatan mata dan kesehatan jiwa, terutama selama masa pandemi, kegiatan ini dihadiri oleh lebih dari 80 orang anak dan 30 orang jaringan relawan IM dari Sabang sampai Merauke, dan 30 relawan Johnson & Johnson Indonesia.
  • Donasi produk bernilai ratusan juta disalurkan melalui Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang terdiri dari Band Aid Hand Sanitizer Solution, Aveeno, Listerine, Johnson’s, dan Mylanta yang berjumlah ribuan –untuk kemudian disalurkan ke sejumlah pihak yang membutuhkan.
  • Johnson & Johnson juga turut serta dalam memberi bantuan bersama dengan sejumlah mitranya di Indonesia seperti UNICEF, Universitas Indonesia, Universitas Trisakti, PKPU Human Initiative, dan Yayasan Bentang Merah Putih untuk menyalurkan donasi kepada masyarakat yang membutuhkan serta mendukung tenaga kesehatan yang sedang menjadi garda depan.
  • Donasi yang disalurkan terdiri dari berbagai bentuk seperti pendanaan untuk mendukung program para mitra, produk Johnson & Johnson, alat pelindung diri (APD), dan sembako untuk membantu masyarakat serta tenaga kesehatan.

Komitmen dan kontribusi Johnson & Johnson dalam meningkatkan keamanan kesehatan serta kesejahteraan karyawan diharapkan mampu menginspirasi perusahaan lain di Indonesia untuk menciptakan perubahan baik di dalam lingkungan kerja, karena kebutuhan fisik, mental, emosional, dan spiritual yang terpenuhi akan menghasilkan kinerja yang terbaik.

Untuk satu tahun ke depan, Johnson & Johnson optimis masyarakat di Indonesia akan semakin siap menghadapi situasi pandemi dengan gaya hidup lebih sehat dan adaptasi normal baru.

Foto: Ist, Novi

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *