Punya adik lagi? Hmm, senang sih, tapi Mama jadi nggak sayang sama aku. Waduh, jangan buru-buru berpikiran begitu ya, Kids. Baca ini, yuk, supaya kamu tenang.

“Aku lagi sedih, karena Mama lebih senang ngurus Zoey daripada aku.” Itu adalah keluhan teman kalian, Zuriel (10 tahun) pada Mamanya, Joanna Alexandra, dua tahun lalu.

Waktu itu, Zoey, adik ketiga Zuriel, baru lahir. Otomatis perhatian Mama Joanna lebih fokus kepada adik bayinya tersebut. Teman kalian ini merasa cemburu, Kids. Dia merasa bahwa sang Mama tidak lagi memiliki waktu untuknya.

Mungkin, kalian juga pernah mengalami perasaan serupa Zuriel. Sebagai Kakak atau Abang, hal ini wajar, kok, kalian rasakan.

Namun, jangan dipendam sendiri ya, Kids. Kalian bisa ungkapkan perasaan kalian seperti Zuriel. Karena, bisa jadi Mama tidak tahu kalau kalian merasakan hal itu.

“Jujur, waktu itu saya nggak nyangka kalau Zuriel ngomong begitu. Saya pikir sudah memberikan perhatian yang cukup pada semua anak-anak saya,” kata Mama Joanna Alexandra ketika ditemui pada acara perayaan 5 tahun Orami, toko online penyedia kebutuhan bayi dan ibu hamil di Kebon Sirih, Jakarta Pusat.

Setelah mengungkapkan apa yang kamu rasakan, baru deh bahas sama Mama. “Saya bilang, maaf ya, Bang. Karena Zoey masih bayi, jadi perlu perhatian lebih. Kalau pipis harus digantiin popoknya, harus dimandiin, dan sebagainya. Saya kasih pengertian,” kata Mama Joanna, Ibu dari Zuriel (10), Zeraiah (7), Zoey (2) dan Ziona (9 bulan).

Zuriel (baju putih) bersama Mom Joanna Alexandra, Papa, dan ketiga adiknya (Foto: Istimewa)

Ya, Kids, adik bayi belum sebesar kalian. Dia masih tergantung banget sama Mama. Waktu kalian seusia adik bayi, Mama juga berlaku seperti itu pada kalian.

Nah, supaya kalian tidak merasa diabaikan sama Mama, kalian bisa lho ikut ‘menjaga’ adik bayi. Saat adik bayi mandi, kalian bisa bantu Mama ambilkan handuknya, popok, dan sebagainya. Atau, kalian bisa ikut nemenin adik bayi bermain.

Dengan begitu, selain kalian tetap diperhatikan sama Mama, kalian juga jadi lebih dekat sama adik bayi. Terus, kalian pasti dipuji deh sama Mama karena jadi Abang atau Kakak yang baik.

“Akhirnya waktu itu Zuriel mengerti. Dia malah ikut bantu jagain adiknya. Berkaca dari pengalaman itu, saat hamil lagi saya kasih penjelasan pada Zuriel dan Zeraiah. Dan, waktu adik keempat mereka, Ziona, lahir, Abang-abangnya sudah ngerti kalau Mamanya beri perhatian lebih sama adiknya,” urai pelanggan setia toko online Orami tersebut tersenyum.

Kids, percaya deh, Mama pasti tetap sayang sama kalian, kok. Kalian juga senang kan, punya adik lagi. Teman main jadi bertambah, deh. Asyik, hehe… (Efa)

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *