Kok, Kita Bisa Mengapung di Laut Mati

Teman-teman pasti sering mendengar nama Laut Mati, kan? Di tempat itu, tubuh kamu bisa mengapung lho, meskipun kamu tidak bisa berenang, kok bisa?

Sebenarnya, Laut Mati adalah danau. Danau ini sangat besar, memiliki ukuran panjang lebih dari 50 km, lebar lebih dari 15 km dan luas permukaan lebih dari 500 km2. Karena ukurannya yang sangat besar inilah maka disebut laut.

Laut Mati atau Dead Sea terletak di antara Israel dan Yordania. Tempat ini juga merupakan tempat terendah di bumi, tepatnya sekitar 300 meter lebih rendah dari permukaan bumi.

Mungkin kamu bertanya-tanya, kenapa namanya disebut Laut Mati? Ternyata, kandungan garam di Laut Mati sangat tinggi, yaitu 33,7 persen atau sekitar 9 kali lebih banyak daripada kandungan garam di laut pada umumnya yang berkisar 3,5 persen saja.

Wahhhh, nggak terbayang rasanya, pasti asin banget! Ya, saking asinnya, nggak ada makhluk hidup yang dapat bertahan hidup di Laut Mati, baik hewan maupun tumbuhan. Itulah mengapa danau ini dinamakan Laut Mati.

Tak hanya keunikan ini saja yang membuat Laut Mati istimewa, Kids. Di Laut Mati, tubuh kamu bisa terapung, lho, walaupun kamu nggak punya keahlian berenang. Di sana, kamu mendadak jadi jago. Minimal, jadi jago mengapung, hehe…

Bagaimana tidak, ketika kita melepas diri, tubuh akan terangkat ke permukaan. Kaki, tangan, dan tubuh akan mengapung dengan sendirinya, Kids, ibarat sebuah ban berisi angin.

Sepertinya ajaib, namun sebenarnya hal ini ada teorinya. Menurut Hukum Archimedes, jika massa jenis benda lebih kecil daripada massa jenis air, maka benda tersebut akan mengapung. Seperti tadi dibahas, kadar garam di Laut Mati sangat tinggi. Hal ini menyebabkan air di Laut Mati lebih “padat” daripada air tawar.

Untuk diketahui, massa jenis tubuh manusia adalah 0,985 gr/cm3. Sementara itu, massa jenis air Laut Mati adalah 1,24gr/cm3. Berhubung massa jenis tubuh manusia lebih kecil, maka manusia bisa mengapung di Laut Mati. Begitu, teman-teman…

Tapi, ingat, ya! Yang bisa mengapung adalah benda yang massa jenisnya lebih kecil daripada massa jenis Laut Mati. Jadi, kalau kamu menjatuhkan besi ke Laut Mati, ya tentu akan tenggelam. Sebab, massa jenis besi adalah 7,87 gr/cm3.

Meskipun kamu bisa mengapung di Laut Mati, tetap perhatikan keamanan saat berenang di sana, ya! Salah satunya, wisatawan tidak diperkenankan menyelam atau harus melindungi bagian di atas leher dari air asin.

Foto: Ist

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *