Sejak pandemi Covid-19, tren healthy life alias gaya hidup sehat semakin meningkat popularitasnya. Masyarakat – terlebih di perkotaan  – semakin banyak yang sadar dan peduli untuk menjalankan olahraga, hingga mengasup makanan sehat. Bahkan, bagi sebagian orang, makanan sehat bukan hanya sebagai gaya hidup melainkan sudah menjadi cara hidup (the way of life).

Tak heran, bila akhirnya pelaku gaya hidup sehat lebih selektif memilih makanan yang diasup. Banyak dari mereka kemudian mencari tempat makan atau restoran yang menyediakan menu makanan sehat. Sebenarnya, hal ini membuka peluang bagi para pebisnis kuliner. Namun sayang, di tengah tren ini, masih banyak pebisnis kuliner yang kurang percaya diri bahwa makanan sehat bisa disajikan lebih variatif dan sedap. “Padahal, menu makanan sehat yang lezat sangat bisa didapatkan dengan penggunaan bahan berkualitas, teknik memasak yang tepat, dan pemanfaatan bahan-bahan yang lebih beragam,” ujar Chef Norman Ismail yang juga merupakan seorang pelaku gaya hidup sehat pada konferensi pers virtual yang digelar oleh Unilever Food Solutions, hari ini (23/11).

Knorr Mushroom & Vegetable Seasoning

Mempertimbangkan hal itu, Unilever Food Solutions kembali berinovasi melalui brand Knorr Professional dengan meluncurkan “Knorr Mushroom & Vegetable Seasoning”. Ini adalah kaldu yang pertama kalinya mengombinasikan ekstrak jamur serta mirepoix di Indonesia. Kehadiran produk ini, diungkapkan oleh Joy Tarigan, Managing Director Unilever Food Solutions, untuk membantu para pebisnis kuliner menambah kelezatan beragam menu sehat, termasuk plant-based foods yang kian digemari.

“Berdasarkan survei yang kami lakukan, tercatat 7 dari 10 orang di Indonesia mengaku ingin lebih teratur mengonsumsi makanan sehat. Untuk itulah kami hadirkan Knorr Mushroom & Vegetable Seasoning dengan mengusung pesan ‘Kini Masakan Sehat Bisa Seenak Itu’ untuk membantu para chef dan pebisnis kuliner agar dapat terus berkembang, memanfaatkan tren, dan memuaskan konsumen yang makin menggemari pola makan sehat,” katanya.

Rasa Umami Tanpa MSG

(kiri – kanan) Christopher Aldo, owner dan founder YellowFit Group, Chef Norman Ismail dan Joy Tarigan, Managing Director Unilever Food Solutions sesaat setelah cooking live demo dalam acara peluncuran Knorr Mushroom & Vegetable Seasoning oleh Unilever Food Solutions, Selasa (23/11)

Lebih lanjut Joy mengatakan, ada 3 hal yang menjadi perhatian para penikmat makanan sehat, yakni keinginan untuk makan sehat, rasa yang lezat, dengan harga yang terjangkau. Ya, kerap kali makanan lezat diasumsikan dengan makanan tinggi lemak, tinggi gula maupun tinggi garam. Stigma ini pula yang ingin dirobek oleh Unilever Food Solutions (UFS) lewat kehadiran Knorr Mushroom & Vegetable Seasoning.“Kaldu jamur dikenal menghasilkan rasa umami atau rasa gurih. Namun terkadang rasa jamur itu terlalu kuat sehingga mendominasi. Namun, di produk Knorr Mushroom & Vegetable Seasoning ini, ada kombinasi jamur dengan mirepoix atau sari sayur-sayuran seperti wortel, bawang bombay, seledri, dan batang daun bawang. Kombinasi ini menghasilkan rasa gurih dan bernutrisi tanpa mengubah cita rasa asli dari masakan,” ujarnya menjabarkan keunggulan Knorr Mushroom & Vegetable Seasoning yang ia klaim tidak menggunakan MSG (Monosodium glutamate) dalam kandungannya.

Hal senada disampaikan oleh Chef Norman Ismail yang pada kesempatan tersebut melakukan demo masak makanan sehat. “Kaldu merupakan salah satu bumbu dasar kunci untuk menguatkan cita rasa suatu hidangan. Jamur yang menghasilkan rasa umami alami memang telah umum digunakan sebagai kaldu, namun seringkali ketika sudah bercampur cenderung mendominasi rasa masakan. Penambahan mirepoix atau kaldu sayur yang terkandung dalam Knorr Mushroom & Vegetable Seasoning, dapat menyeimbangkan dan memantapkan nikmatnya berbagai hidangan sehat para chef. Selain itu, ada efisiensi biaya dan waktu dalam pengolahan makanan yang kita buat,” ujar Chef Norman.

Alternatif Bahan Pangan Nabati 

Ia juga mengingatkan agar para Chef atau juru masak maupun pebisnis kuliner, tidak ragu untuk berekplorasi dengan bahan makanan yang ada di Indonesia. “Selain bisa ikut mensejahterakan kehidupan para petani bahan makanan sehat dari tumbuhan (plant-based foods) sangat besar manfaatnya.,” imbuhnya lagi.

Christopher Aldo, owner dan founder YellowFit Group pun sependapat. Menurutnya, plant-based foods sudah sangat dekat dengan keseharian masyarakat Indonesia. “Apalagi semenjak pandemi, mereka menjadi lebih sadar untuk mengganti makanan olahan, daging merah, dan gula dengan alternatif yang lebih sehat, memilih makanan yang lebih segar, mulai memperhatikan keamanan pangan serta konsumsi berkelanjutan yang bertanggung jawab, dan menaruh minat lebih pada plant-based foods,” katanya.

Saat ini, Knorr Mushroom & Vegetable Seasoning sudah dipasarkan secara lebih luas, tersedia di hypermarket atau supermarket, platform e-commerce seperti Tokopedia, juga wholesaler di pasar-pasar indonesia. Harga dibanderol cukup terjangkau yakni sekitar Rp. 39.500 untuk ukuran 400 gr.

Foto: Ist

 

 

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *