Siapa yang tidak tahu kincir ria? Permainan yang memiliki banyak nama ini, ternyata tercipta karena sebuah sayembara, lho.

Pada tahun 1891, penyelenggara World’s Columbian Exposition, sebuah ajang pameran terbesar kala itu, mengadakan sebuah sayembara untuk para insinyur. Mereka ditantang untuk membuat suatu karya asli buatan mereka sendiri yang bisa mengungguli Menara Eiffel di Paris, Perancis.

George Ferris, seorang insinyur hebat kala itu, mencoba mendesain kincir ria raksasa. Menurutnya, kincir ria rancangannya tersebut akan melebihi Menara Eiffel. Dengan menaiki wahana tersebut, pengunjung akan bisa melihat keseluruhan pameran. Dari atas, pengunjung akan disajikan pemandangan yang sangat indah.

Roda Raksasa

Awalnya, pihak penyelenggara ragu akan rancangan George tersebut karena alasan keamanan. Namun, George berhasil meyakinkan mereka bahwa kincir ria raksasanya sangat aman. Akhirnya, wahana rancangan George berhasil dihadirkan pertama kali dalam pameran World’s Columbian Exposition yang digelar di Chicago pada tahun 1893.

Dalam bahasa Inggris, kincir ria dikenal dengan nama Ferris Wheel. Ferris diambil dari nama keluarga George, dan Wheel berarti roda karena bentuk kincir ria yang menyerupai roda raksasa. Kalau di Indonesia, kincir ria punya beberapa nama, seperti kincir-kincir, bianglala, kincir angin, dan lainnya.

Foto: Istimewa

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *