Tumbuhkan Creativepreneurship, Fortuna Meluncurkan Program “Kids Take Leads”

Dalam rangka perayaan Hari Anak Nasional, Fortuna, salah satu agensi kreatif lokal pertama di Indonesia, mempersembahkan program “Kids Take Leads” untuk menumbuhkan jiwa creativepreneurship anak-anak sebagai generasi penerus bangsa. Creativepreneurship adalah wirausaha yang membuka usaha di bidang yang berkaitan dengan kreatif dan kreativitas. Dan orang yang menjalankan itu disebut sebagai Creativepreneur.

Bekerjasama dengan Paviliun 2, sebuah komunitas industri kreatif, program ini akan memberikan lokakarya yang dibawakan oleh berbagai ahli di bidang kreatif dan kewirausahaan serta sharing session dari para kidspreneur yang sukses.

Di tengah penerapan kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang ditetapkan oleh pemerintah, orangtua dan anak-anak menghadapi tantangan tersendiri untuk tetap tumbuh dan berkembang secara optimal. Peringatan Hari Anak Nasional tahun ini pun dimaknai sebagai upaya bersama untuk menghasilkan penerus bangsa yang sehat, cerdas, dan ceria di masa pandemi.

“Kami melihat di tengah kondisi saat ini, generasi muda justru perlu kita berdayakan dengan berbagai keterampilan dari segi kreatif dan kewirausahaan, sehingga nantinya mereka akan lebih siap menghadapi berbagai tantangan di masa depan,” kata Ibu Ratna Puspitasari, Deputy CEO, Fortuna.

Melalui program ‘Kids Takes Leads’ yang dibawakan oleh anak-anak untuk anak-anak, pihaknya berharap dapat memberikan sedikit kontribusi pada pengembangan kemampuan generasi alpha ini dengan cara yang kreatif dan menarik. “Dan sebagai jangka panjang, semoga pengetahuan tentang creativepreneurship ini dapat masuk ke kurikulum nasional,” katanya.

Program “Kids Take Leads” merupakan rangkaian acara di Pot of Luck, sebuah creative hub di ranah online dan offline yang menyediakan wadah untuk bersatunya ide serta pemikiran kreatif, yang dibentuk oleh Fortuna. Dengan tetap mentaati protokol kesehatan dan keamanan di masa transisi PSBB, program “Kids Take Leads” akan berlangsung secara virtual setiap hari Sabtu mulai 25 Juli 2020 hingga 15 Agustus 2020, mengangkat berbagai topik seputar dunia kreatif dan kewirausahaan yang dibawakan oleh beragam narasumber – mulai dari pelatihan tentang Membangun Brand, Product Development, Fotografi dan Desain untuk Media Sosial, Kolaborasi dengan Seniman Cilik, serta Peran Orangtua dalam Membangun Jiwa Kewirausahaan Anak.

Ibu Meyske Ritiau, Psikolog Anak dan Keluarga yang menjadi salah satu narasumber dalam program ‘Kids Take Leads’ menuturkan bahwa program kewirausahaan untuk anak-anak bukan hanya akan memberikan mereka pengetahuan tentang cara mendapatkan uang atau membangun bisnis dari kreativitas mereka, akan tetapi hal yang paling penting adalah megembangkan karakter anak, seperti: rasa percaya diri, ketekunan, kemampuan pemecahan masalah,  pencapaian tujuan, hingga empati. “Itu semua akan mereka butuhkan dalam menghadapi tantangan di masa depan,” katanya.

Program “Kids Take Leads” berlangsung secara virtual dan terbuka tanpa biaya untuk anak-anak usia 10-12 tahun. Jadwal selengkapnya dan pendaftaran dapat dilihat di sini

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *