Menggunakan jam tangan pintar (smartwatch) sekarang ini menjadi tren di kalangan anak-anak, terutama anak-anak Sekolah Dasar di kota-kota besar. Meski berbentuk jam tangan mungil, gadget ini memiliki beragam fungsi yang sangat besar, seperti penentuan posisi, membuat panggilan suara dan panggilan video, mengambil foto, dan banyak lagi. Ya, saat ini, teknologi berkembang dengan pesat dan keinginan untuk menciptakan teknologi yang ramah anak juga telah menjadi perhatian dunia.

Sayangnya, tidak banyak yang mengerti tentang tujuan sebenarnya dari gadget ini. Untuk itu, yuk, kita teliti lebih dalam!

  1. Komunikasi Dua Arah
    Komunikasi dua arah adalah fungsi utamanya. Itulah sebabnya gadget ini disebut jam tangan yang dapat melakukan panggilan (watchphone). Sama seperti smartphone orang dewasa, watchphone memerlukan kartu sim untuk operasinya.
  2. Mendeteksi lokasi secara tepat dan realtime
    Memiliki fitur GPS dimana lokasi yang ditampilkan tepat dan realtime/nyata sehingga orangtua bisa mengetahui lokasi anak secara akurat setiap saat. Tidak hanya lokasi, orangtua juga dapat mengetahui apakah anak berada dalam posisi statis atau berjalan atau bahkan berjalan dengan sensor akselerasi yang dibangun pada ponsel jam tangan.
  3. Mode Kelas
    Menurut Kak Fiki Khoerul Umami, imoo PR Indonesia, Watch Phone-nya dirancang untuk tidak mengganggu aktivitas anak-anak di sekolah. “imoo Watch Phone memiliki fitur mode kelas yang dapat diaktifkan oleh ponsel pintar orangtua sebagai admin watchphone. Selama di kelas, watchphone akan berfungsi seperti jam tangan biasa; menunjukkan waktu, tetapi dengan panggilan darurat sebagai nilai tambah. Jadi, pada saat darurat, anak masih bisa melakukan panggilan ke admin telepon orangtuanya.
    Ketika anak memasuki ruang kelas, mode kelas yang sebelumnya diatur oleh admin, secara otomatis akan diaktifkan sehingga anak tidak dapat bermain dengan watchphone. Namun jangan khawatir karena GPS akan tetap aktif dan orangtua masih dapat memantau lokasi anak selama mode kelas.
  4. Tambahkan Fitur Teman
    Saat ini, banyak teman yang sudah menggunakan watchphone. Dengan fitur add friend, kita dapat terhubung dengan lebih mudah bersama teman-teman.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *