Kiat Mengajarkan Anak Berbagi Kebahagiaan dan Kebaikan Kepada Sesama Sejak Dini

Akhir tahun sudah diujung mata, nih. Selain bertepatan dengan musim liburan, akhir tahun umumnya dirayakan dengan penuh suka cita. Keluarga berkumpul dan berbagi kebahagiaan dengan memberikan atau bertukar kado. Tak hanya antara keluarga, momen ini juga bisa dimanfaatkan orangtua untuk mengajarkan anak berbagi kebahagiaan dan berbuat kebaikan kepada sesama.

Seperti yang diungkapkan oleh Anastasia Satriyo, M.Psi. menurutnya, sangat penting bagi anak untuk memiliki rasa empati dan simpati dengan sesama. Salah satu caranya adalah dengan membiasakan untuk berbagi kepada teman maupun siapapun yang membutuhkan. “Baiknya kebiasaan untuk berbagi dipupuk sejak dini agar sang buah hati dapat tumbuh menjadi pribadi yang dermawan dan memiliki rasa empati tinggi terhadap sesama,” ujarnya dalam acara sharing session bertajuk “How to Encourage Children to Share Kindness Since Early Childhood” yang digelar oleh Early Learning Centre(ELC) di Signature Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta (11/11).

Lebih lanjut, Anastasia menjelaskan bahwa anak belajar untuk berbuat kebaikan melalui quality time bersama dan meniru perilaku orangtuanya. Moms dan Dads bisa mengajarkan konsep tersebut kepada anak melalui permainan yang menyenangkan dan tidak memaksa. Dengan begitu, anak akan mudah ingat dan punya keinginan untuk mengulang berbuat baik ke depannya. “Kalau kita paksa anak untuk berbagi dan melakukan kebaikan, anak akan defensif dan melawan.”

Lantas, apa yang perlu diperhatikan? Berikut ini beberapa tips yang bisa Moms dan Dads lakukan dalam melatih anak berbuat kebaikan:
1. Menggunakan kata-kata atau kalimat yang baik dan mengapresiasi perilaku anak yang baik
2. Melakukan kegiatan role play (bermain peran) dengan menggunakan figur dan mainan konkrit (sensory play) dengan anak
3, Bermain sambil mengenalkan beragam nama emosi pada anak
4. Biarkan anak memegang kendali dalam beberapa permainan. Anak yang mendapatkan kesempatan untuk diikuti saat bermain akan lebih mudah berempati terhadap orang lain

Anastasia menyarankan, orangtua perlu menyediakan waktu berkualitas sekitar 20 – 40 menit setiap hari bersama anak agar fondasi kebaikan di dalam diri anak bisa terbentuk.

Mom cantik ibu dari satu orang anak yang masih balita, Tasya Kamila pun meyakini bahwa dengan bermain menggunakan mainan edukasi yang tepat, anak bisa belajar di saat bersamaan tanpa ia sadari. “Aku percaya bahwa proses belajar anak dimulai sejak mereka masih kecil sehingga  harus memberikan mainan yang bermanfaat untuk tumbuh kembangnya. Bentuk pembelajaran anak pun biasa dilakukan dengan mencontoh orangtuanya, maka aku pun membiasakan untuk memperlihatkan perilaku atau kebiasaan  baik agar anakku pun bisa melakukan hal yang sama. Seperti membiasakan anak untuk mau berbagi atau memberi dengan sesama, maka kami sebagai orangtua harus mencontohkannya terlebih dahulu, “ ungkap Tasya.

Sebagai teman setia keluarga Indonesia, Early Learning Centre (ELC) pun ingin berbagi kebahagiaan dan memberikan kebaikan untuk semua terutama anak-anak. Menutup tahun 2021, ELC membagikan 50 best gift ideas dan juga meluncurkan beberapa pilihan mainan baru yang dapat dijadikan inspirasi agar suasana liburan semakin fun dan edukatif untuk sang buah hati.

“Mendekati akhir tahun, liburan sudah berada di depan mata dan salah satu hal yang sangat ditunggu anak-anak adalah hadiah akhir tahun. Sebagai spesialis mainan edukatif terpercaya, Early Learning Centre memiliki 50 best gift ideas yang dapat diberikan kepada anak-anak dan tidak ketinggalan berbagai promo menarik yang juga dihadirkan. ELC ingin memastikan bahwa setiap orang dapat merasakan sukacita dengan saling memberi. Tidak hanya orangtua memberikan kepada anak tetapi juga mengajarkan dan membiasakan anak untuk dapat memberi dan berbagi kebahagian untuk sesama,” ungkap Mohit Nigam, Brand General Manager Early Learning Centre Indonesia.

Penawaran menarik tersbeut berlangsung dari 4 November 2021 hingga 27 Desember 2021 dengan menghadirkan 3 promo yang sangat diminati. Dengan minimal pembelanjaan sebesar Rp 1,000,000 akan mendapatkan hadiah menarik, 15 tipe gift set yang terdiri dari 4 mainan di dalamnya dengan harga mulai dari Rp 499,000 sampai dengan potongan harga hingga Rp 1.000.000 menggunakan kode kupon spesial. Tidak hanya itu, Early Learning Centre juga mengeluarkan kompilasi 50 Best Gift Ideas dalam katalog yang dapat diakses di sini atau melalui Instagram @elcindo. Tak lengkap rasanya jika belum memberikan giveaway untuk anak-anak di akun instagram @elcindo. Early Learning Centre membawa kebahagiaan untuk semuanya dengan mengadakan giveaway terbesar yaitu “50 Gift for 50 Winners!” pada akhir November 2021.

Foto: Efa, Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *