Lebaran tanpa ketupat, rasanya kurang lengkap, ya, Kids? Ketupat adalah makanan terbuat dari beras yang dimasukkan ke dalam anyaman daun kelapa muda, lalu direbus hingga matang. Penasaran, kan, kenapa ketupat menjadi hidangan khas saat Lebaran?

Berdasarkan cerita turun temurun, ketupat sudah hadir sejak abad ke-15 hingga ke-16, saat syiarnya Islam oleh Sunan Kalijaga di tanah Jawa. Masyarakat Jawa dan Sunda (suku yang berada di tanah Jawa), menyebut ketupat sebagai kupat yang berarti ngaku lepat atau mengakui kesalahan.

Zaman Hindu-Budha

Akan tetapi, berdasarkan catatan sejarah, bisa jadi ketupat sudah ada sejak zaman sebelum Islam yaitu zaman Hindu-Budha di Indonesia. Hal ini dilihat dari tanaman nyiur (kelapa) dan beras sebagai sumber daya alam yang sudah dimanfaatkan untuk makanan oleh masyarakat di zaman tersebut. Terbukti, di daerah Bali hingga saat ini menggunakan ketupat dalam ritual ibadahnya. Orang Bali menyebut ketupat dengan kata tipat.

Nah, saat syiar Islam di masa Sunan Kalijaga, agar mudah diterima, Beliau membaurkan pengaruh Hindu pada nilai-nilai ke-Islaman, salah satunya lewat ketupat ini, Kids.

Dua Kali Bakda

Kala itu, Sunan Kalijaga membudayakan dua kali Bakda, yaitu Bakda Lebaran dan Bakda Kupat. Bakda Kupat dimulai seminggu sesudah Lebaran. Pada hari tersebut, di tanah Jawa pada waktu itu, hampir setiap rumah terlihat menganyam ketupat dari daun kelapa muda.

Makna Ketupat

Ketupat sendiri memiliki arti, diantaranya adalah pertama, mencerminkan berbagai macam kesalahan manusia, dilihat dari rumitnya anyaman bungkus ketupat.

Kedua, mencerminkan kebersihan dan kesucian hati setelah mohon ampun dari segala kesalahan, dilihat dari warna putih ketupat jika dibelah. Dan yang ketiga, mencerminkan kesempurnaan, jika dilihat dari bentuk ketupat.

Semua itu dihubungkan dengan kemenangan umat Muslim setelah sebulan lamanya berpuasa dan akhirnya menginjak hari yang fitri (suci atau bersih), Kids.

Foto: Istimewa

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *