JAKARTA, majalahjustforkids.com – Menyambut semester genap 2022/2023, Ruangguru, perusahaan teknologi pendidikan terbesar di Asia Tenggara, berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan hadirkan tryout Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) berskala nasional yang bertajuk #JanganTakutSNBT. Tryout ini bertujuan memberikan kesempatan siswa/i di seluruh Indonesia berlatih secara gratis dan mengukur kesiapan menghadapi SNBT yang akan dilaksanakan pada bulan Mei 2023.

Berdasarkan hasil tryout SNBT Ruangguru pada semester ganjil lalu, teridentifikasi bahwa 100 ribu dari total 130 ribu peserta atau 77% belum mencapai kompetensi minimum. Temuan ini menggambarkan rendahnya kesiapan siswa dalam menghadapi ujian masuk perguruan tinggi.

AVP Marketing Ruangguru, Marga Anugerah mengatakan, “Pada tahun ajaran 2022/2023 ini, pemerintah memperbarui tata cara seleksi masuk perguruan tinggi melalui jalur tes, mulai dari materi yang diujikan, sampai peraturan pemilihan jurusan. Sejak pengumuman perubahan tersebut, Ruangguru terus mendengar keresahan murid-murid karena mereka takut tidak bisa masuk ke perguruan tinggi impian mereka. Melalui rangkaian program #JanganTakutSNBT, Ruangguru ingin memberikan pengetahuan dan kesempatan latihan yang sama untuk seluruh siswa SMA di Indonesia, dimana pun mereka berada.”

Tryout #JanganTakutSNBT bersama Dinas Pendidikan di berbagai provinsi di Indonesia akan dilaksanakan setiap hari Sabtu melalui aplikasi Ruangguru dengan jadwal pelaksanaan sebagai berikut:

  1. 14 Januari 2023 : Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, dan Nusa Tenggara Barat

  2. 21 Januari 2023 : Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Bali, dan Sumatera

  3. 28 Januari 2023 : Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua

Pendaftaran dibuka secara gratis sejak 9 Desember 2022 dan akan ditutup satu hari sebelum hari pelaksanaan tryout di masing-masing daerah. Siswa/i pada jenjang SMA/MA atau lulusan SMA/MA di seluruh Indonesia dapat mendaftarkan diri melalui jalur sekolah atau dengan mengisi formulir pada tautan bit.ly/ruanggurudisdikprov.

Tajuk #JanganTakutSNBT merupakan program lanjutan dari #JanganTakut, sebuah pesan yang ingin disampaikan Ruangguru pada awal tahun baru 2023 dan semester genap 2022/2023. Menuju ujian akhir tahun dan seleksi masuk perguruan tinggi, siswa merasakan tekanan yang lebih besar. Menurut riset yang dilakukan oleh Ruangguru terhadap ratusan siswa, 71% siswa takut tidak mampu masuk ke sekolah atau perguruan tinggi impiannya. Sebesar 82% ketakutan siswa didasari oleh kekecewaan orangtua jika tidak masuk sekolah atau perguruan tinggi impiannya. Melalui kampanye #JanganTakut, Ruangguru ingin mengajak dan menemani para siswa untuk menghadapi ketakutan-ketakutan yang ada dan fokus berjuang bersama-sama untuk mencapai cita-cita.

Dalam rangka menyambut semester genap 2022/2023, pada bulan Januari 2023, Ruangguru juga telah meresmikan lebih dari 80 Brain Academy Center yang tersebar di 23 provinsi di Indonesia.

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *