Anak-anak Indonesia masih menghadapi tantangan dalam mengakses kemajuan untuk mendukung mereka tumbuh jadi generasi maju. Data menunjukkan bahwa 9 dari 10 anak Indonesia masih menghadapi tantangan dalam pemenuhan akses pendidikan, nutrisi, dan kesehatan, terlebih lagi kondisi pandemi yang membuat keadaan semakin serba terbatas.

Sebagai upaya mendukung program pemerintah untuk pemulihan dari pandemi COVID-19 serta mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul, Danone Indonesia bekerja sama dengan PT Indomarco Prismatama (Indomaret) yang juga berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, kembali menghadirkan Sentra Vaksin Generasi Maju khusus untuk vaksinasi COVID-19 bagi anak di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Sentra Vaksin Generasi Maju yang merupakan bagian dari rangkaian kampanye “Indonesia Bangkit”, menargetkan 3.115 peserta anak. Lokasi penyelenggaraan Sentra Vaksin Generasi Maju Manggarai Barat berlangsung di 32 titik sekolah di  Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur pada Februari 2022 lalu.

Tahun ini, Pemerintah telah mempersiapkan 58,7 juta total dosis vaksin untuk melakukan vaksinasi pada 26,4 juta anak usia 6-11 tahun. Vaksinasi COVID-19 untuk anak ini juga telah direkomendasikan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), karena anak juga dapat tertular dan atau menularkan virus Corona dari dan ke orang lain di sekitarnya walau tanpa gejala. Guna mempercepat upaya pemerintah dalam melaksanakan program vaksinasi COVID-19 terutama bagi anak usia 6-11 tahun, tahun 2022 ini Danone Indonesia berinisiatif berkolaborasi dengan berbagai pihak, salah satunya Indomaret dalam memfasilitasi sarana dan prasarana kegiatan vaksin melalui Sentra Vaksin Generasi Maju di beberapa daerah di Indonesia, termasuk di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Dikutip dari laman covid-19.go.id, Nusa Tenggara Timur masih masuk dalam 15 daerah dengan kasus COVID-19 tertinggi di Indonesia, dengan jumlah 67,122  kasus. Sehingga, penting untuk mendukung percepatan pencapaian vaksinasi lengkap di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, khususnya bagi anak.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat, Paulus Mami mengatakan, “Kami sangat menyambut positif kolaborasi serta dukungan Danone Indonesia dan Indomaret dalam upaya mendukung pencapaian target program vaksinasi COVID-19 untuk anak melalui Sentra Vaksin Generasi Maju yang menargetkan sekitar 3.115 anak dari 32 sekolah di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Kita semua menyadari bahwa kesehatan merupakan dasar yang kuat untuk tumbuh kembang maksimal anak. Terlebih lagi, di masa pandemi ini, anak-anak merupakan kelompok usia yang rentan terpapar virus COVID-19. Oleh karena itu kami berharap kegiatan vaksinasi pada anak tidak hanya dapat melindungi dan meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh anak dari virus, namun juga turut mempercepat pemulihan aktivitas anak, khususnya aktivitas pembelajaran tatap muka di sekolah, hingga dapat berkontribusi pada kemajuan Indonesia ke depannya.”

Vice President General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto mengatakan, “Dari tahun ke tahun, Danone Indonesia secara konsisten menjalankan komitmen untuk melakukan berbagai inisiatif dan kolaborasi yang berkelanjutan demi mendukung tumbuh kembang maksimal anak Indonesia. Karena kami percaya bahwa setiap anak Indonesia bisa menjadi generasi penerus untuk kemajuan bangsa, sehingga seharusnya tidak ada anak Indonesia yang boleh tertinggal dari sisi akses kesehatan dan gizi sebagai fondasi mereka untuk mencapai kemajuan. Dukungan dari berbagai pihak, termasuk pihak swasta, sangatlah dibutuhkan untuk turut mewujudkan kemajuan anak Indonesia, terlebih lagi di masa pandemi yang semakin memberikan tantangan dalam upaya memastikan kesehatan anak tetap terjaga dengan baik.”

Lebih lanjut Ibu Vera Galuh Sugijanto mengatakan, “Inisiatif Danone Indonesia bersama berbagai pihak swasta lainnya seperti Indomaret untuk menghadirkan Sentra Vaksin Generasi Maju, sebagai salah satu rangkaian kampanye “Indonesia Bangkit”, merupakan bentuk dukungan aksi nyata dan komitmen perusahaan dalam rangka mendukung upaya Pemerintah menuju kebangkitan Indonesia dari pandemi COVID-19. Melalui inisiatif dan kolaborasi ini, diharapkan anak-anak dapat tumbuh sehat sehingga dapat mendukung proses pemulihan pandemi serta kemajuan bangsa Indonesia di masa depan. Terlebih lagi dengan perkembangan varian baru saat ini yang kembali mengakibatkan peningkatan kasus COVID-19 di Indonesia, maka semakin penting agar anak-anak dapat tetap terlindungi untuk terus mendukung mereka menjadi generasi maju.”

Senada dengan Danone Indonesia, Marketing Director PT Indomarco Prismatama, Darmawie Alie, turut memberikan dukungan bagi kesehatan anak-anak Indonesia dalam proses pemulihan pandemi. “Kami menyadari bahwa kegiatan vaksinasi anak penting sekali untuk menjaga keamanan dan keselamatan anak di masa pandemi ini, terutama untuk mengikuti pembelajaran tatap muka di sekolah, khususnya di wilayah Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Melengkapi protokol kesehatan yang terus dijalani, vaksinasi dapat memberikan perlindungan lebih dengan meningkatkan kekebalan tubuh anak selama beraktivitas sehari-hari. Untuk itu, Indomaret mendukung penuh kolaborasi bersama Danone Indonesia dengan menghadirkan Sentra Vaksin Generasi Maju sebagai upaya untuk mendukung pemerintah dalam percepatan pemulihan dari pandemi,” ucapnya.

Sentra Vaksin Generasi Maju Manggarai Barat diselenggarakan di beberapa sekolah di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, di antaranya, SDN Wae Langka, MIS Al-Amin, SDN Siru, MIS Nurul Huda, MIS An-Nur, SDN Wae Wako, MIS Al Muhajirin, SDK Porodadeng, SDI Nampar Macing, SDI Wae Mose, SDI Raminara, SDK Sesok, dan MIS Al Fatah.

Sebelumnya, Danone Indonesia juga turut mendukung akselerasi vaksinasi dengan mendukung 112 sentra vaksinasi di 27 kota di Indonesia. Pada awal tahun 2022 ini, selain di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Sentra Vaksinasi Generasi Maju juga telah hadir di Jakarta pada 20 – 24 Januari 2022 dan di Kabupaten Sleman, Yogyakarta pada 6 – 10 Februari 2022 lalu. “Diharapkan, inisiatif ini dapat memotivasi lebih banyak pihak dan dunia industri lainnya untuk turut serta berkontribusi dalam peningkatan kesehatan dan pendidikan anak sebagai upaya pembangunan SDM Indonesia unggul yang juga dapat berkontribusi terhadap proses pemulihan pandemi hingga kebangkitan dan kemajuan bangsa Indonesia ke depannya,” tutup Ibu Vera Galuh Sugijanto.

Foto: Ist

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *