Eits, siapa bilang naik kereta membutuhkan waktu lama untuk sampai ke tempat tujuan?! Nih, lihat saja kecepatan kereta-kereta supercepat ini:

  1. Kereta Cepat Jepang – Tokaido Shinkansen. Shinkansen (artinya kereta peluru) mulai diluncurkan tahun 1964. Waktu itu kecepatannya masih berkisar 201 km/jam. Wah, tahun 1960-an sudah mencapai kecepatan yang dahsyat! Shinkansen versi terbaru sudah mampu mencapai kecepatan 581 km/jam. Kalau kita naik Shinkansen dari Jakarta ke Yogyakarta dengan jarak 443 km, cuma butuh kurang dari satu jam!
  2. Kereta Cepat Perancis – Train a Grande Vitesse (TGV). Kereta yang diluncurkan sejak tahun 1980-an ini melayani kota Lyon, Paris, dan beberapa kota besar di Perancis. Rekor terbaru kecepatannya mencapai 574,8 km/jam.
  1. Kereta Cepat Jerman. Ada dua macam kereta cepat di Jerman, yakni InterCity Express (ICE) dan Transrapid. ICE memiliki kecepatan 280 km/jam. Sedangkan Transrapid mencapai 550 km/jam. Sayangnya, Transrapid pernah mengalami kecelakaan pada September 2006 dan menewaskan 23 penumpangnya.
  2.  

    Kereta Maglev Shanghai, China. Dengan berbekal teknologi Jerman, China juga punya kereta cepat, lho. Kereta ini mampu membawa penumpangnya dengan kecepatan 430 km/jam.

  1. Kereta Negara Lain. Di Korea Selatan ada kereta cepat bernama Korean Train Express (KTX) sejak tahun 2004. Taiwan juga tak mau kalah, mereka punya Taiwan High Speed Rail sejak tahun 2008 dengan menggunakan teknologi Jepang. Di negeri Pizza, Italia, ada kereta Direttissima yang memiliki kecepatan 254 km/jam. Di Inggris lebih seru lagi. Kereta Eurostar milik Inggris melayani rute perjalanan dari London ke Perancis dan Belgia dengan melewati sebuah terowongan bawah laut. Kecepatannya mencapai 300 km/jam. Lalu, Indonesia kapan punya kereta super cepat ya?! (JFK/DRW/ Foto: Ist)

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *