H&M bekerja sama kembali dengan Danone AQUA untuk proyek bottle2fashion, yang mengubah sampah botol plastik dari seluruh pulau di Indonesia menjadi poliester daur ulang. Koleksi pakaian anak-anak H&M ini dibuat menggunakan poliester daur ulang bottle2fashion, bahan yang lebih berkelanjutan yang digunakan dalam pakaian sehari-hari, dengan berbagai desain print dan warna yang energik. Kali ini, bottle2fashion mengumpulkan dan mendaur ulang lebih dari 7,5 juta botol PET, lebih dari dua kali lipat jumlah dari tahun lalu (3,5 juta) dan koleksi pakaian anak tahun ini dibuat dari 663.869 botol PET. Koleksi ini akan tersedia di toko-toko dan secara online di seluruh dunia.

Semua poliester yang digunakan dalam koleksi ini didaur ulang dan berasal dari proyek bottle2fashion, yang juga mendukung inisiatif pemerintah Indonesia melawan polusi laut sambil berkontribusi pada Sustainable Development Goals. Botol PET dikumpulkan dari seluruh pulau di Indonesia, kemudian disortir dan dibersihkan sebelum diparut menjadi serpihan untuk membuat serat poliester daur ulang. “Kami memainkan peran besar, dan kami ingin memimpin perubahan menuju masa depan fashion yang lebih berkelanjutan. Kita dapat dan kita harus menciptakan kolaborasi ini untuk mempercepat transformasi yang sangat penting bagi industri kita – bersama dengan merek lain, pemasok, dan pelanggan kita. Saya bangga dengan cara kami berkolaborasi dengan orang lain untuk menetapkan standar industri baru dan memungkinkan solusi inovatif, sangat menginspirasi bagaimana topik keberlanjutan dapat membuka pintu dan memotivasi orang untuk bekerja sama dan menjadi kreatif dengan cara yang sangat tidak tradisional,” ujar Ibu Karin Brinck, Sustainability Manager H&M Kidswear.

“Danone AQUA berkomitmen untuk menjadi bagian dari solusi seputar sampah plastik. Kami meluncurkan Gerakan #BijakBerplastik pada tahun 2018 dan menyadari bahwa kami dapat membantu mengatasi masalah tersebut. Namun, untuk membantu pemerintah Indonesia mengurangi 70 persen sampah ke laut pada tahun 2025, diperlukan upaya dan kolaborasi berbagai pemangku kepentingan. H&M memiliki visi yang sama, menjadi pemimpin dalam mendorong ekonomi yang lebih sirkular dan terbarukan dan pada saat yang sama melakukan tindakan nyata untuk menghentikan sampah plastik mencapai lautan. Dengan proyek bottle2fashion, kami menunjukkan bahwa masa depan yang lebih berkelanjutan adalah mungkin, tidak hanya dari botol ke botol tetapi botol ke fashion, untuk menjadi bagian dari solusi,” ujar Bapak Jeffri Ricardo, Packaging Circularity Senior Manager Danone AQUA.

Hoodie modern, nyaman dan lapang, celana panjang, jogging, t-shirt, atasan lengan panjang dan kaus kaki membentuk koleksi pakaian anak-anak untuk anak berusia 9 hingga 14 tahun dan mencakup detail yang terinspirasi olahraga, ombre, color block, marmer, dan juga tie-dye. Dengan palet warna lavender, kuning, hitam, abu-abu dan hijau limau, nuansa energik namun harmonis. “Kami menyukai bagaimana koleksi anak-anak ini memberikan kehidupan kedua bagi sampah plastik. Menggunakan poliester daur ulang dari proyek bottle2fashion berarti kami membantu membersihkan pulau-pulau di Indonesia dan menggunakan kembali sumber daya yang sudah kami miliki. Kami mengambil semangat inovatif itu dan menciptakan getaran berani yang dipimpin masa depan untuk karya-karya yang berbeda. Dan yang terpenting, kami dapat terus menyediakan fashion berkelanjutan bagi para pahlawan muda kami di seluruh dunia,” ujar Sofia Löfstedt, Head of Kidswear Design H&M.

(Foto : Ist)

 

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *