Bulan Juni identik dengan Kota Jakarta, ya, Kids? Hal itu dikarenakan setiap tanggal 22 Juni diperingati sebagai Hari Ulang Tahun DKI Jakarta. Tahun ini Jakarta memasuki usia 494 tahun. Berbicara mengenai Ibu Kota Jakarta, ada satu makanan khas-nya yang sangat melegenda. Ya, Kerak Telor! Orang menyebutnya sebagai omelet-nya masyarakat Betawi.

Kamu pasti sudah sering makan omelet alias dadar telur dengan campuran berbagai macam bahan, misalnya daging ataupun mi. Tapi, apakah kamu sudah pernah makan Kerak Telor? Hmmm.. kalau belum pernah, cobain, deh! Rasanya tak kalah lezat dengan omelet yang biasa kamu makan!

Kerak Telor dibuat dari bahan-bahan seperti beras ketan putih, telor, ebi (udang kering), dan bawang goreng. Bumbu yang digunakan yaitu kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica, garam, dan gula pasir.

Sejak Zaman Belanda

Berdasarkan sejarah, Kerak Telor sudah ada sejak zaman kolonial Belanda di Indonesia. Diciptakan oleh masyarakat Betawi di tahun 1970-an. Makanan tersebut biasa dihidangkan pada saat pesta ataupun hajatan para pembesar kala itu.

Harus diakui, makanan yang memiliki rasa gurih dan legit ini memang sudah lama jadi makanan kebanggaan warga Jakarta. Bisa dibilang sebagai fast food-nya orang Jakarta. Sebab, tidak perlu waktu lama untuk membuatnya. Hanya sekitar 15 menit, Kerok Telor nan hangat, gurih, dan legit sudah bisa kalian nikmati!

Cara Masak Unik

Keunikan lain dari Kerak Telor adalah cara masaknya, Kids. Telor dimasukkan ke dalam wajan tanpa menggunakan minyak. Saat telor sudah setengah matang, maka wajan kemudian dibalik menghadap panas arang, lalu dibiarkan hingga menjadi kerak.

Nah, setelah permukaan telor agak sedikit gosong, Kerak Telor diangkat lalu diberi bumbu dan siap dihidangkan! Memasak Kerak Telor sama sekali tidak menggunakan kompor, melainkan menggunakan anglo dan arang. Cara memasak dengan anglo inilah yang membuat rasa Kerak Telor menjadi khas, gurih dan legit! Kamu pasti ingin mencobanya, kan?

Foto: Ist

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *