Ketika banyak anak-anak mengeluh saat hari Senin tiba, Hani malah sebaliknya. Ia begitu bersemangat menyambut matahari di Senin pagi. “Pagi, Bu! Wah, hari ini selai kacang, ya?” sapanya kepada Ibu setiba di meja makan. “Iya, selai cokelatnya habis, Nak,” jawab Ibu. Hani pun langsung melahap setangkup roti yang telah disiapkan oleh Ibu. “Bu, terima kasih, ya, sarapannya. Aku harus segera berangkat, nih,” ujar Hani seraya mencium pipi Ibu.

Dengan langkah yang ringan, Hani menikmati hembusan udara pagi yang masih segar. Ingin rasanya ia mempercepat waktu agar jam sekolah segera berakhir. Pulang sekolah nanti, ia sudah berencana akan ke toko buku bekas langganannya untuk memborong beberapa buku. Hari Senin adalah jadwal toko tersebut memberikan diskon pada para pelanggan setianya. Itulah yang membuat hari Senin begitu istimewa bagi Hani.

Bel yang paling ditunggu Hani pun akhirnya berbunyi. Tanpa berlama-lama, ia segera membereskan buku dan alat tulis yang berserakan di mejanya. Ia pun bergegas menuju sebuah kios yang terletak dua blok dari sekolahnya.

“Wah, Neng Hani datang lagi. Ini, sudah bapak siapkan, pasti Neng Hani suka,” ucap Pak Karta, si penjual buku, sambil menyodorkan beberapa tumpuk buku. Ia sudah paham betul dengan buku-buku kegemaran Hani. Hani sangat menyukai buku tentang tokoh-tokoh dunia dan astronomi. Tak heran, Hani memang memiliki cita-cita menjadi seorang astronot. Hani langsung meraih buku tersebut dengan wajah yang berbinar-binar.

Setelah membayar buku-buku yang ia pilih, Hani memasukkannya ke dalam tas kanvas yang sudah ia bawa dari rumah. “Terima kasih, ya, Pak!” seru Hani sambil kepayahan membawa buku-buku yang ia beli. Ternyata, ada 9 buku yang ia beli dengan harga tak lebih dari seratus ribu rupiah.

Ketika menjejakkan kaki di rumah, Hani langsung menuju ruangan khusus yang ia sebut “Kerajaan Kecil”. Kerajaan tersebut berisi koleksi buku-buku yang telah ia kumpulkan sejak kecil. Mulai dari komik, buku cerita, hingga buku pengetahuan tertata rapi di setiap sisi ruangan. Hani selalu berada di kerajaannya setiap pulang sekolah, entah untuk membaca atau sekadar merapikan koleksinya.

Hani tak hanya sendiri menikmati kerajaannya tersebut. Ia juga sering mengajak anak-anak yang tidak bersekolah yang tinggal di sekitar rumahnya, untuk mengunjungi kerajaannya. Ia ingin mereka juga bisa menambah wawasan walaupun tidak mampu bersekolah. Untuk itu, ia selalu menambah koleksi buku-bukunya agar suatu hari nanti kerajaan kecilnya bisa menjadi kerajaan yang besar dan membawa manfaat bagi anak-anak yang kurang beruntung.

 

 

 

Cerita: JFK     Ilustrasi: JFK

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *