Selaras dengan tujuan keragaman dan inklusivitas dalam perusahaan, Kimberly-Clark Softex memahami pentingnya keterlibatan wanita pada posisi strategis di dalam perusahaan untuk kinerja perusahaan yang lebih baik. Selain itu, Kimberly-Clark Softex juga telah meluncurkan Program Kesetaraan Gender di tahun 2018, yang diikuti dengan peluncuran Equal Forum, sebuah forum yang didedikasikan khusus bagi karyawan perempuan, dan merupakan wujud dukungan Kimberly-Clark Softex bagi para perempuan. Dua perempuan dari jajaran manajer senior Kimberly-Clark Softex membagikan pengalaman mereka tentang lingkungan kerja inklusif yang memberikan ruang bagi mereka untuk mengeksplorasi potensi, mencapai puncak baru setiap waktunya, serta peran keluarga sebagai bagian dari supporting system mereka. Saat ini, sebanyak 35 persen posisi Manajer Menengah dan Senior di Kimberly-Clark Softex ditempati oleh karyawan perempuan.

Lebih lanjut, perusahaan menargetkan 40 persen keterwakilan perempuan di seluruh level pada tahun 2025. Tentang lingkungan kerja yang mendukung pengembangan diri karyawan, Ekayani Go, Head of Marketing category Feminine Care and Family Care, Kimberly-Clark Softex, mengungkapkan “Untuk maju dan berkembang, sebuah organisasi membutuhkan keterwakilan setiap kelompok untuk mendapatkan sudut pandang yang lebih variatif dan dinamis. Saya menemukan ini di Kimberly-Clark Softex di mana setiap karyawan dapat menikmati lingkungan yang ramah, memiliki kesempatan yang sama untuk berkembang dan bebas menyampaikan pendapat. Peran saya sebagai Head of Marketing membawa saya ke berbagai pertemuan dan kolaborasi dimana mayoritas diisi oleh kaum pria. Namun, pada seluruh kesempatan tersebut, saya selalu merasa nyaman untuk menyampaikan pendapat dan berkontribusi.”

Dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, keterlibatan karyawan dengan prinsip kesetaraan telah menopang kesuksesan Kimberly-Clark Softex dalam mengembangkan dan melaksanakan berbagai program dampak sosial perusahaan dan keberlanjutan. Pada tahun 2020, Ekayani Go memaparkan hasil inovasi produk Kimberly-Clark Softex sebagai bagian dari penanganan pandemi COVID-19 dalam peluncuran masker merek Softies.

Senada dengan Ekayani, Febrina Herlambang, Head of Communications, Kimberly-Clark Softex mengatakan, “Saya sangat bersyukur berada di tengah tim Kimberly-Clark Softex, dimana budaya kerja inklusif dijalankan dengan baik dan menjadi enabler bagi karyawan untuk berkarya dan memberikan yang terbaik. Tidak sekalipun saya mengalami penolakan karena alasan gender dan status saya sebagai seorang working mom. Bagi saya, keterlibatan aktif manajemen dalam menciptakan lingkungan kerja yang nyaman bagi semua terlihat jelas dari berbagai target yang ditetapkan dan implementasi kampanye yang didesain khusus untuk mendukung perempuan.”

Sebagai Head of Communications, Febrina telah memiliki pengalaman lebih dari 12 tahun di bidang komunikasi, tanggung jawab sosial perusahaan, hubungan media dan external relationship. Sebelum bergabung di Kimberly-Clark Softex, ia sempat menjabat sebagai Communications Professional di Procter and Gamble (P&G) dan Google. Peran dan tanggung jawabnya adalah memimpin program komunikasi dan menjaga reputasi perusahaan kepada audiens internal dan eksternal.

Bagi seorang perempuan yang berkarir, menjaga keseimbangan antara dedikasi bagi pekerjaan dan keluarga bukan hal yang mudah. Di sisi lain, kesuksesan karir dan keluarga yang harmonis adalah keuntungan yang dinikmati jika dua prioritas ini dapat berjalan berdampingan dan saling mendukung. “Perhatian bagi keluarga dan pekerjaan niscaya dapat berjalan beriringan dengan baik. Peran aktif pasangan dalam keluarga adalah dukungan terbesar bagi saya dalam mengembangkan karir, mengambil peran di rumah dan sekaligus mendidik anak. Visi yang ada di perusahaan kami tentang CARE, dimana perusahaan peduli terhadap para karyawannya. Sebagai contoh, pada suatu kesempatan saya dihadapkan pada urusan keluarga yang mengharuskan saya untuk hadir dan fokus penuh, maka dukungan dari para pemimpin untuk sejenak menempatkan keluarga sebagai prioritas utama adalah nilai perusahaan yang paling saya kagumi dan tentunya juga saya pegang,” kata Febrina.

Ekayani dan Febrina, dua working mom yang berkarir di Kimberly-Clark Softex berharap peringatan hari Ibu Nasional yang akan diperingati pada tanggal 22 Desember menjadi momentum penyemangat bagi setiap perempuan untuk dapat menjalankan peran sebagai seorang ibu tanpa membatasi kemampuan untuk berkarya dan berkontribusi. “Saya tidak pernah merasa terbatas dengan status sebagai working mom. Perjalanan karir dapat saya lakukan dengan baik, dan di waktu yang sama saya tetap mampu menjadi seorang ibu yang terbaik bagi kedua putri saya. Selain kemampuan manajerial, perhatian dari tempat saya bekerja terhadap para working mom menjadi faktor yang sangat penting bagi saya. Tidak ada alasan bagi kita, kaum perempuan, untuk merasa terbatas maupun tak memiliki kesempatan untuk menjadi ibu terbaik maupun seorang pemimpin” tutup Ekayani yang telah berkarir selama 14 tahun di Kimberly-Clark Softex, dan memiliki pengalaman dari industri yang didominasi oleh laki-laki seperti rokok dan otomotif.

(Foto : Ist)

 

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *