Dengan jarak jutaan kilometer ke Bumi saja, kita sudah merasakan panasnya Matahari. Bagaimana kalau ada planet yang berjarak sangat dekat dengan Matahari, ya? Tak terbayang panasnya.

Penemuan planet Kepler 78b sangat mengagetkan bagi ilmuwan dan astronom. Hal ini karena tak ada yang pernah menyangka kalau ada planet yang bisa mengorbit begitu dekat dengan Matahari.
Seperti yang kita tahu, Matahari itu memiliki suhu yang sangat tinggi. Hampir bisa dipastikan, benda langit yang berada terlalu dekat dengan Matahari, akan hangus.

Evolusi Setiap Hari
Selama ini yang kita ketahui, Merkurius adalah planet yang paling dekat dengan Matahari. Namun, sekarang ada planet Kepler 78b yang memiliki jarak 40 kali lebih dekat daripada jarak Merkurius ke Matahari.

Kondisi tersebut membuat planet Kepler 78b membutuhkan waktu 8,5 jam saja untuk berevolusi. Jika dibandingkan dengan Bumi yang membutuhkan waktu 365 hari untuk berevolusi, bisa dibilang planet ini mengalami pergantian tahun setiap hari.

Planet Neraka
Oleh karena jaraknya yang sangat dekat dengan Matahari, suhu planet Kepler 78b sangat tinggi, mencapai 2.760 derajat celsius. Berdasarkan teori beberapa ilmuwan, planet ini tidak mungkin terbentuk begitu dekat dengan Matahari.

Kemungkinan, Kepler 78b terbentuk di tempat yang jauh, kemudian bermigrasi ke dekat Matahari. Ada teori yang juga mengatakan kalau usia planet ini tidak akan lama lagi.

 

Teks: JFK     Ilustrasi: JFK

You may also like
Latest Posts from

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *