Tahun ini, pengalaman kembali ke sekolah terasa sangat berbeda. Namun, di mana pun para murid belajar, baik di rumah, di sekolah, maupun keduanya, Google telah menyediakan berbagai referensi serta Toolkit untuk Keluarga dan Wali Murid, termasuk seri video, bagi para keluarga di Indonesia yang ingin membantu anak-anak belajar dan mengerjakan pekerjaan rumah. Google juga menyediakan berbagai produk dan fitur baru untuk membantu menunjang komunikasi dengan guru di sekolah serta menjaga anak-anak tetap aman saat online.

Membantu anak-anak mengerjakan PR dan belajar dari rumah
Saat murid menggunakan Google Search untuk membantu mengerjakan PR mata pelajaran ilmiah seperti STEM (Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika), Google Search akan menampilkan penjelasan untuk menjawab soal, disertai petunjuk terperinci untuk mengerjakan persamaan Matematika yang rumit, dan informasi lengkap terkait konsep yang mendasarinya, seperti teorema Pythagoras yang terkenal itu. Fitur-fitur ini juga membantu meningkatkan pemahaman para murid sehingga mereka jadi lebih mengerti inti mata pelajaran tersebut.
Ketika bingung menjawab soal, murid dan orang tua bisa menggunakan Socratic dan tak lama lagi, Google Lens, untuk membantu mengerjakannya. Dengan kedua alat ini, cukup foto persamaan yang ingin diselesaikan dan akan langsung muncul informasi yang dapat membantu murid, seperti langkah-langkah untuk menyelesaikan soal, dan juga penjelasan terperinci untuk membantu memahami konsep penting dari soal tersebut. Dengan begitu banyaknya konten yang beredar di internet, sulit untuk menyeleksi konten mana yang benar-benar cocok untuk anak. Oleh sebab itu, untuk memudahkan para orang tua, kami juga telah menyediakan tab khusus untuk anak-anak di Google Play. Tab ini dipenuhi dengan aplikasi yang telah “Disetujui oleh pengajar” serta dapat memperkaya pengetahuan dan menghibur anak-anak. Aplikasi-aplikasi tersebut diberi rating berdasarkan banyak faktor, seperti kesesuaiannya dengan umur anak, kualitas pengalaman saat aplikasi tersebut digunakan, serta unsur pengayaan dan hiburan. Di listingan aplikasi, kami juga menyertakan informasi mengapa aplikasi tersebut diberi rating yang tinggi untuk membantu orang tua memilih aplikasi yang tepat untuk anak. Bulan ini, Google Play juga akan menampilkan berbagai aplikasi untuk siswa dari segala usia agar lebih antusias menyambut tahun ajaran baru. Mulai dari aplikasi bimbel SD-SMA, hingga aplikasi untuk belajar membuat bisnis online; para pengguna di Indonesia akan mendapatkan rekomendasi dari developer lokal pada sorotan kampanye #MadeinIndonesia di Google Play.

Beberapa developer lokal yang akan ditampilkan bulan ini adalah:

  • Kuncie – Learn Business Online
  • Zenius – #GantiCaraBelajar
  • Ruangguru: Bimbel SD SMP SMA
  • Mamikos-Cari & Sewa Kos Mudah
  • CoLearn: MTK, Fisika, Kimia

Membantu anak tetap aman saat online
Orang tua dapat menggunakan Family Link untuk menjaga anak-anak mereka saat online. Moms dapat menyetujui aplikasi dan ekstensi mana saja yang boleh mereka pakai, menetapkan batas waktu pemakaian perangkat, dan memfilter konten mana saja yang boleh dikonsumsi anak-anak. Sekarang, Moms juga dapat menambahkan akun sekolah untuk pengguna Family Link, sehingga Moms dapat menetapkan aturan untuk anak saat mereka mengerjakan PR menggunakan Google Classroom, Dokumen, dan situs lainnya yang diakses menggunakan Akun Google.
Mengingat anak-anak kini menghabiskan begitu banyak waktunya untuk mengikuti sekolah online atau bermain bersama teman-temannya secara virtual, penting bagi orang tua untuk membicarakan cara-cara agar tetap aman di internet bersama mereka. Mulai dari cara mengamankan sandi hingga perilaku phising di media sosial, ada banyak hal yang dapat dibicarakan. Selain itu, Google juga punya program Tangkas Berinternet untuk membantu anak agar menjadi warga digital yang baik dan tetap aman saat online. Program ini juga dilengkapi panduan gratis untuk keluarga, tips dari para guru, dan Interland, game yang menyenangkan bagi anak-anak untuk belajar agar tetap aman saat online. Google berharap, alat-alat ini dapat membantu meredakan kekhawatiran serta memudahkan para murid dan orang tua dalam menyambut tahun ajaran baru kali ini dan seterusnya bersama Google.

(Foto : Ist)

 

You may also like
Latest Posts from Majalahjustforkids.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *